Saturday 19th August 2017

Ditemui Manor, Kemungkinan Rio Hanya Sampai GP Hongaria?

By: On:
Abdulla Boulsien (kiri)‎ Di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (14/6). Foto: Amjad/JPNN.com

Abdulla Boulsien (kiri)‎ Di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (14/6). Foto: Amjad/JPNN.com

Sampai saat ini beredar berita terkait tenggat pembayaran yang diminta tim Manor Racing ke Rio Haryanto.

Indah Pennywati menyebut, ditemui Manor tapi ini bukan untuk menagih tenggat pembayaran kepada Rio, melainkan pihak Manor ingin mengonfirmasi soal kelanjutan balapan Rio pada setengah musim berikutnya.

Karena untuk bisa mengikuti satu musim penuh, Manajemen Rio harus membayar uang sebesar 15 juta euro. Namun, itu tidak bersifat kaku. Karena sampai saat ini  Manor masih memberi kelonggaran kepada pihak Rio terkait pembayaran tersebut dan dibagi menjadi dua termin.

Satu termin balapan terdiri dari setengah musim dengan bayaran 7,5 juta euro, begitu juga untuk setengah musim selanjutnya.

Sampai saat ini Rio yang sudah menjalani tujuh seri balapan di Formula 1. Selama itu pula, Rio baru membayarkan satu kursi balap kepada Manor dengan 8 juta euro dengan rincian 5 juta euro dari Pertamina, sementara 3 juta euro dari pihak Kiky Sport. Namun ternyata bukan itu yang menjadi pokok persoalan dari Manor pada saat menemui Rio. Melainkan terkait konfirmasi kelanjutan balapan Rio di setengah musim berikutnya?.

“Rio itu harusnya memang bayar ke Manor sebesar 15 juta euro. Itu jika ikut satu musim. Tetapi, karena saat itu kami belum dapat biaya untuk satu musim jadi dibagi dua, setengah season kami bayar dulu, setengah season lagi mereka menunggu konfirmasi dari kami,” jelas Ibunda Rio seperti kami kutip dari detikSport, Kamis (16/6/2016).

“Jadi yang mereka tanyakan soal deadline itu adalah terkait konfirmasi Rio soal balapan, bukan soal 7 juta euro itu. Itu yang ditanyakan kepada saya bolak balik karena sudah deadline,” ucap Indah menegaskan.

Batas waktu konfirmasi yang ditunggu pihak Manor sebenarnya jatuh pada April lalu. Namun, Manor kemungkinan masih menunggu sampai tiga pekan ke depan.

“Itu kenapa saya belum konfirmasi karena saya tidak punya uang. Belum ada kejelasan sponsor juga. Jadi, yang benar seperti itu. Selama ini kebanyakan berita Manor ‘kan dibilang menanyakan pembayaran. Sehingga banyak sponsor yang akhirnya urung. Ya, gimana jika langsung diminta 7 juta euro? Ya, tidak ada,” lanjutnya.

“Saya pun akhirnya harus bertemu orang untuk menjelaskannya. Karena mereka sudah terpatok dengan berita. Padahal, umpama mau sponsor, silakan bayar kapan dan bicarakan kepada kami.”

Indah juga mengatakan jika Manor bisa saja mencari pembalap lain, jika dalam waktu dekat pihak Rio tidak memberikan konfirmasinya.

“Ya, mungkin dalam waktu dekat (ditunggu konfirmasinya) karena kalau kita tidak bisa ditunggu dan tidak ada sponsor lagi, Manor harus cari pebalap lain. Artinya, kalau tidak bisa Rio hanya sampai balapan di Hongaria saja, atau balapan ke-11. Ya, makanya ditunggu sampai tiga pekan lagi,” tuturnya.

Selain mengkonfirmasi tentang berita yang beredar, Indah juga mengatakan bahwa ada keinginan Manor untuk memperpanjang kontrak Rio. Keinginan itu diutarakan pada pertemuan dengan perwakilan Manor, yang merupakan managing director tim, Abdulla Boulsien, Selasa (14/6) kemarin.

“Tujuan dia datang ingin menawarkan karena Rio dianggap bagus bagaimana kalau Rio bisa race sampai akhir 2017. Berarti kalau dari sekarang 1,5 tahun (18 bulan). Seat itu sudah tersedia untuk Rio. Dikasih opsi pertamanya buat Rio,” papar Indah.

“Tapi, ini harus kan harus tetap bayar, tidak gratis. Jadi kalau memang tidak ada yang support, berarti dikasih ke yang lain,” tutupnya.
[gi]

Subscribe

Terima Kasih telah menjadi pembaca kami, untuk informasi lebih update silahkan masukkan alamat email anda pada form dibawah

No Responses

Leave a Reply