by

Jack Miller Tanpa Disangka Juara MotoGP Assen 2016

MotoGP Assen 2016 - Crash.net
MotoGP Assen 2016 – Crash.net

Pada Balapan MotoGP Belanda 2016 dengan cuaca hujan, tanpa disangka keluar sebagai juara ialah Jack Miller.

Karena sejak awal balapan dikuasai oleh beberapa pembalap yang start dari barisan terdepan. Jack Miller maampu mengambil keuntungan dan menjadi juara.

Diawali dari Yonny Hernandez, lalu Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso, ketiganya yang saling bergantian memimpin balapan. Sampai kemudian hujan deras turun pada lap ke-14. Hernandez tergelincir, lalu diikuti oleh Andrea Iannone. Bendera merah pun segera dikibarkan sebagai tanda balapan diulang.

Selepas balapan diulang, Dovizioso kembali memimpin balapan, lalu ia tergelincir. Rossi pun mengambil alih posisi tapi kemudian tergelincir juga. Ini membuat Marc Marquez memimpin jalannya balapan, sampai kemudian Miller berhasil mengasapi Marquez.

Miller, yang tampil percaya diri, berhasil mempertahankan posisinya hingga akhirnya bisa menjuarai balapan. Ini adalah pertama kalinya ia menjadi juara balapan MotoGP.

Jalannya Balapan

Scott Redding, yang start dari urutan ketiga, melesat untuk memimpin jalannya balapan. Namun, Redding tidak lama berada di posisi terdepan. Ketika melewati tikungan pertama, ia malah melebar.  Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016) malam WIB.

Akibat dari Klkesalahan yang dibuat oleh Redding langsung dimanfaatkan oleh Valentino Rossi. Rossi langsung memimpin jalannya balapan dengan diikuti oleh Andrea Dovizioso di posisi kedua. Namun, Rossi dan Dovizioso mendapatkan ancaman dari Yonny Hernandez.

Yonny  Hernandez, yang mengawali dari posisi keenam, dengan cepat memacu motornya dan melesat hingga berada di posisi tiga. Hernandez pun kemudian naik ke urutan kedua dan dengan ketat menempel Rossi yang berada di posisi depan.

Sayangnya Rossi yang melakukan kesalahan dengan sedikit melebar terlalu jauh, Hernandez segera memanfaatkannya dengan menyalipnya dari sisi dalam. Hernandez pun berhasil memimpin jalannya balapan dan terus memacu motornya untuk menciptakan jarak yang cukup jauh dengan Rossi dan Dovizioso yang berada tepat belakangnya.

Sementata itu yang menjadi perhatian adalah Andrea Iannone, yang start dari urutan paling belakang, melesat dengan cepat. Dari posisi 21, Iannone naik 12 tingkat untuk berada di posisi kesembilan.

Baca juga:  Tips Belajar Teknik Jatuh ala Pembalap MotoGP

Bahkan Iannone terus memperbaiki posisinya. Ia kemudian naik ke posisi keenam, berada tepat di belakang Marc Marquez. Dan tanpa waktu lama Iannone mampu menyalip Marquez untuk naik ke posisi kelima.

Lain halnya dengan rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo yang benar-benar kesulitan dalam balapan ini. Ia tercecer di urutan ke-12, posisi Lorenzo terus melorot hingga kemudian ia menemukan dirinya berada pada ke-19.

Balapan jadi makin seru ketika pada lap kedelapan, hujan turun lagi. Trek yang tadinya sudah mengering menjadi basah kembali.

Tampak sekali dalam balapan kehatian-hatian pembalap. Dalam hujan yang perlahan-lahan turun, Dovizioso naik ke urutan kedua dengan menyalip Rossi. Sementara itu, Hernandez tetap berada di urutan terdepan.

Sengan kondisi lintasan basah itu, Hernandez kemudian tergelincir. Ini membuat Dovizioso memimpin jalannya lomba. Hernandez kemudian masuk pit dan mengganti motornya.

Insiden serupa juga dialami oleh Iannone. Ketika berada di posisi kelima, ia tergelincir. Ini membuat pebalap berusia 26 tahun itu terlempar ke posisi ke-17.

Di barisan depan, Rossi mulai kesulitan untuk mempertahankan posisi kedua. Dovizioso masih memimpin jalannya balapan, tapi posisi kedua kini ditempati oleh Danilo Petrucci. Rossi berada di posisi ketiga dan harus berjuang keras mempertahankan posisinya dari kejaran Scott Redding.

Kondisi hujan yang semakin deras di akhir lap ke-14. Lalu, pada lap ke-15, bendera merah dikibarkan. Ini membuat balapan dihentikan.

Dengan balapan dihentikan karena bendera merah, apabila balapan dimulai kembali, maka posisi di grid didasarkan pada posisi pembalap sebelum balapan dihentikan. Tepat sebelum balapan dihentikan, Dovizioso masih berada di posisi pertama, diikuti Petrucci di posisi kedua, Rossi di posisi ketiga, dan Redding di posisi keempat.

Marquez berada pada posisi keempat dan diikuti oleh Dani Pedrosa di posisi kelima. Sedangkan Iannone berada di urutan ke-17 dan Lorenzo berada di posisi ke-19.

Baca juga:  Sukses Dominasi Test di Red Bull Ring, Ducati Percaya Diri

Start balapan pun diulang. Selepas restart, Marquez langsung melesat ke urutan terdepan. Namun, di tikungan pertama, Marquez melebar. Ini membuat Dovizioso dan Rossi melesat ke urutan pertama dan kedua. Marquez turun ke posisi ketiga.

Tak lama kemudian, Rossi akhirnya berhasil menyalip Dovizioso dan memimpin jalannya balapan. Tetapi, 10 lap menjelang akhir balapan, Dovizioso tergelincir keluar lintasan, Ini membuat Rossi memimpin balapan dengan jarak yang cukup jauh. Marquez berada di posisi kedua.

Sebelum Dovizioso crash, Pedrosa lebih dulu mengalami hal serupa. Namun, berbeda dengan Dovizioso, tetapi Pedrosa masih bisa melanjutkan balapan.

Namun, Rossi akhirnya juga mengalami crash dan keluar lintasan, Marquez pun memimpin jalannya balapan.

Rossi sempat berusaha untuk membangunkan motornya dan kembali lintasan, namun akhirnya gagal. Ia out dari balapan. Sementara itu, rekan satu tim Rossi di Yamaha, Lorenzo, berada di urutan ke-12.

Situasi ini menguntungkan pembalap Estrella Galicia asal Australia, Jack Miller. Ia naik ke urutan kedua dan bertarung dengan Marquez untuk memperebutkan posisi terdepan.

Miller kemudian berhasil menyalip Marquez dan memimpin jalannya balapan.

Iannone, yang juga sempat crash sebelum restart, berada di posisi kelima. Ia berada di belakang Pol Espargaro (posisi ketiga) dan Redding (posisi keempat).

Jack Miller yang unggul hingga 1,8 detik atas Marquez membuatnya cukup nyaman memimpin balapan. Di belakangnya, Redding berhasil menyalip Espargaro dan naik ke urutan tiga.

Jack Miller akhirnya keluar sebagai juara MotoGP Belanda. Diikuti oleh Marquez di posisi kedua dan Scott Redding di posisi ketiga. Espargaro dan Iannone kemudian melengkapi posisi lima besar.

Berikut Hasil Lengkap MotoGP Assen Belanda:

1. Jack Miller
2. Marc Marquez
3. Scott Redding
4. Pol Espargaro
5. Andrea Iannone
6. Hector Barbera
7. Eugene Laverty
8. Stefan Bradl
9. Maverick Viñales
10. Jorge Lorenzo
11. Tito Rabat
12. Dani Pedrosa
13. Bradley Smith

Comment

Leave a Reply