Sunday 24th September 2017

Tips Puasa Bikers: Puasa Lancar, Sehat dan Touring Jalan Terus

By: On:
Ilustrasi Touring

Ilustrasi Touring

Bulan Ramadhan bagi para bikers bagi yang muslim yang suka touring atau memang setiap hari mengendarai sepedamotor. Anda tak perlu meninggalkan puasa karena merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim.

Berkendara dalam jangka waktu yang lama memang akan menyebabkan kita kekurangan mineral dalam tubuh yang menyebabkan dahaga. Tapi tenang, untuk tetap bisa melampiaskan nafsunya (touring) dan bersepedamotor, serta tetap lancar berpuasa dan sehat.

Berikut kami ada beberapa tips atau kiat dari Anwar Sadaq yang kami kutip dari dapurpacu, seorang dokter dari RS Permata Hati BTP Makassar, yang mungkin bisa membantu para pesepedamotor tetap bisa touring meskipun sedang berpuasa.

  1. Makanlah makanan yang cukup mengandung kalori dan serat seperti buah
  2. Pada saat berbuka hindari makan dengan porsi yang terlalu banyak karena kurang baik untuk kontraktilitas usus dan lambung, mulailah dengan makanan manis (seperti kurma) dan air secukupnya, setelah  30 menit mulailah dengan makan utama
  3. Setelah touring jangan makan sepuasnya tanpa memikirkan resikonya karena makan berlebihan malah tidak baik bagi kesehatan.
  4. Pola makan sahur pun perlu diperhatikan. Pada saat sahur asupan cairan secukupnya minimal 2 gelas air mineral jangan paksakan makan dengan porsi terlalu besar karena akan mengakibatkan kita malas untuk beraktivitas — karena badan kita dipaksa mengurai  energi untuk tenaga.
  5. Olahraga perlu dilakukan. Olahraga tidak akan menghabiskan tenaga, justru lebih baik, karena dengan berolah raga tubuh akan bekerja memberikan energi bagi tubuh dari lemak dalam tubuh. Waktu olah raga bisa disesuaikan dengan waktu berbuka.
  6. Waktu istirahat perlu diperhatikan. Istrahatlah antara pukul 22.00 sampai 23.00, berikan waktu pada tubuh untuk recharge tenaga. Menurut suatu penelitian studi kasus di Jerman bahwa waktu antara 24.00 sampai 03.00 adalah waktu bagi tubuh untuk glukogenesis (pembentukan energi dari glukosa) dan fase detoksifikasi (pengeluaran racun oleh hati dan empedu) dan saat berpuasa adalah merupakan siklus yang sangat baik untuk fase-fase tersebut. Perbedaan waktu berpuasa dengan waktu biasa adalah perubahan waktu sarapan pagi saja, lakukan pola istrahat seperti biasanya.
  7. Ada baiknya mengonsumsi vitamin E dan C pada saat sahur untuk menunjang aktivitas kitaSemoga dengan membaca informasi di atas dapat membantu kita berpuasa selama sebulan penuh. Kami Mengucapakan Selamat berpuasa



Subscribe

Terima Kasih telah menjadi pembaca kami, untuk informasi lebih update silahkan masukkan alamat email anda pada form dibawah

No Responses

Leave a Reply