Sunday 24th September 2017

Tips Merawat Helm Supaya Tidak Cepat Bau Apek

By: On:

ilustrasi-pencucian-helm

Helm adalah salah satu pelengkap dalam berkendara dan yang sangat penting bagi keselamatan berkendara, fungsi helm salah satunya sebagai pelindung kepala dari debu, panas dan juga meminimalisir terjadinya luka yang fatal akibat terjatuh.

Helm yang seringkali kita gunakan tentulah terkena berbagai macam kotoran dan debu. Jika dalam waktu lama helm tidak kita bersihkan helm akan bau dan apek bisa mengganggu konsentrasi perjalanan kita. Nah untuk itu perawatan helm sangat diperlukan.

“Berdasarkan pengalaman kami, supaya helm tidak mudah berbau, satu bulan sekali dicuci, apalagi menjelang musim penghujan,” ucap Group Head of Corporate Communication WMS, Wiyarto Mulyono atau pria yang akrab disapa dengan nama Sakti seperti kami kuti dari dapurpacu.

Lalu Sakti mengatakan, ” Jika helm selesai digunakan , ketika menaruh kaca helm jangan ditutup tapi dibuka, dan saat meletakan ditempat helm usahakan lubang helm jangan menghadap ke bawah tapi menghadap ke atas, supaya sirkulasi udara didalam helm bisa membuang bau tak sedap akibat keringat,” lanjutnya.

Pada saat musim panas/kemarau alangkah baiknya helm sering dijemur dua kali dalam satu bulan, atau ditaruh di tempat yang memliki sirkulasi udara maksimal supaya tidak bau apek.

Jangan terlalu lama menaruh helm di dalam box atau di tempat penyimpanan yang sirkulasi udaranya tidak maksimal. Jika helm usai dipakai terkena hujan sebaiknya lepas kaca helm dan busanya, jangan langsung di simpan. Hal tersebut untuk menghindari bau apek dan jamur.

Untuk para biker yang suka memakai minyak rambut usahakan ketika memakai helm pakai alas kepala seperti balak lapa atau sejenisnya tapi jangan yang terlalu tebal.

“Dari pengalaman saya, jika memakai minyak rambut berlebihan bisa mengakibatkan bau tak sedap pada helm, dan itu bisa membuat kuman menjadi lebih betah,” pungkas Sakti.

Subscribe

Terima Kasih telah menjadi pembaca kami, untuk informasi lebih update silahkan masukkan alamat email anda pada form dibawah

No Responses

Leave a Reply