Thursday 21st September 2017

Juara di Hungaroring, Hamilton Ambil Alih Puncak Klasemen F1

By: On:
hamiton-win-f1-hungaria

Lewis Hamilton – Crash.net

Lewis Hamilton, Pembalap Mercedes sukses jadi juara di GP Hongaria 2016. Hasil ini sekaligus membuat pembalap asal Inggris tersebut meraih tiga kemenangan beruntun.

Sebelumnya, Hamilton sukses menjadi juara di GP Austria dan GP Inggris. Catatan lainnya, ini merupakan kemenangan kelima Hamilton dalam enam balapan terakhir. Dia juga sukses meraih kemenangan di Monako dan Kanada, sebelum diselingi oleh teman satu timnya, Nico Rosberg, di GP Eropa, yang berlangsung di Azerbaijan.

Dengan hasil indah ini juga mengantarkan Hamilton ke puncak sementara klasemen pembalap. Pembalap berusia 31 tahun tersebut kini mengoleksi nilai 192. Sedangkan Rosberg turun ke posisi kedua dengan koleksi nilai 186.

Berikut Jalannya Balapan GP F1

Balapan di Lintasan Hungaroring, Ahad (24/7/2016) malam WIB, berlangsung dalam kondisi berbeda dibandingkan sesi kualifikasi sehari sebelumnya. Kalau sesi kualifikasi berlangsung dalam lintasan basah akibat hujan yang mengguyur –dan membuat sesi kualifikasi tertunda selama 20 menit–, balapan berlangsung dalam situasi kering.

Cuaca cerah, matahari memayungi trek, dan suhu udara mencapai 27 derajat celcius. Dalam kondisi yang cukup terik itu, Lewis Hamilton melakukan start dengan cukup bagus. Memulai balapan dari posisi kedua, dia melesat dan merebut posisi pertama dari teman satu timnya, Nico Rosberg, selepas tikungan pertama. Daniel Ricciardo sempat naik ke urutan pertama sebentar, tetapi kemudian turun lagi ke posisi ketiga.

Dengan berada di posisi yang cukup menguntungkan, Hamilton pun langsung menggeber mobilnya. Dia menciptakan jarak yang cukup jauh dengan Rosberg pada lap kedua, yaitu sekitar 1,3 detik. Rosberg pun harus mempertahankan diri dari kejaran dua kendaraan roda empat Red Bull yang berada di belakangnya.

Lewat lima lap balapan berlangsung, Hamilton masih memimpin. Dia diikuti oleh Rosberg yang berjarak 1,4 detik darinya. Sementara posisi ketiga, keempat, dan kelima ditempati oleh Ricciardo, Max Verstappen, dan Sebastian Vettel. Jenson Button, yang tampak mengalami kasus dengan mobilnya, berada di urutan paling akhir.

Sementara Vettel berjuang buat mengejar Verstappen yang berada di depannya, teman satu timnya di Ferrari, Kimi Raikkonen, kesulitan buat melewati Romain Grosjean. Raikkonen berada di posisi ke-11, sementara Grosjean berada di posisi ke-10.

Hamilton terus memperlebar jarak dengan Rosberg. Sampai di lap ke-11, jarak keduanya selisih sampai 2 detik. Meskipun begitu, pada titik tersebut, Rosberg bisa bernafas lega karena dia unggul sekitar 3,9 detik atas Ricciardo yang berada di posisi ketiga. Verstappen dan Vettel juga tetap berada di posisi keempat dan kelima.

Hamilton kemudian masuk pit dan masih keluar sebagai pembalap terdepan. Meskipun begitu, jarak antara dirinya dengan Rosberg menipis. Pada lap ke-23, Hamilton dan Rosberg hanya berjarak kurang dari satu detik. Persaingan keduanya pun memanas lagi.

Menjelang lap ke-20, posisi tiga terdepan masih menjadi milik Hamilton, Rosberg, dan Ricciardo. Meskipun begitu, perubahan signifikan diperlihatkan Raikkonen. Pembalap asal Finlandia itu naik ke urutan kelima di akhir Vettel. Sedangkan Verstappen turun ke urutan keenam. Sementara, jarak antara Hamilton dan Rosberg tinggal 0,7 detik.

Hamilton sempat mengatakan kepada timnya bahwa dia kesulitan dengan kecepatan mobilnya. Meskipun begitu, dia masih bisa mempertahankan posisinya. Dan tidak beberapa lama setelahnya, Hamilton berhasil mengatasi masalahnya. Pada lap ke-34, jaraknya dengan Rosberg melebar lagi menjadi 2,8 detik.

Pada lap ke-54, Hamilton sempat kesulitan dengan adanya traffic di hadapannya. Jarak dirinya dengan Rosberg pun merapat lagi menjadi 0,6 detik. Tetapi, seperti yang sudah-sudah di balapan ini, Hamilton masih bisa mempertahankan jaraknya. Sepuluh lap menjelang balapan berakhir, Hamilton kembali memperlebar jarak menjadi sekitar 2 detik.

Pada akhirnya, Hamilton berhasil memenangi balapan ini dengan diikuti oleh Rosberg dan Ricciardo di posisi kedua dan ketiga. Vettel akhirnya finish di urutan keempat, unggul atas Verstappen dan Raikkonen yang ada di urutan kelima dan keenam.

Lain halnya, pembalap Indonesia, Rio Haryanto, finish di urutan ke-21. Teman satu timnya di Manor, Pascal Wehrlein, yang sempat naik ke urutan ke-17 di pertengahan balapan, finish di urutan ke-19

Berikut Hasil Lengkap Balapan GP Hongaria 2016:

No-Pembalap-Negara-Tim-Waktu

1. Lewis Hamilton    GBR Mercedes-Mercedes    70 laps
2. Nico Rosberg    GER Mercedes-Mercedes    +1.9s
3. Daniel Ricciardo    AUS Red Bull-TAG Heuer    +27.5s
4. Sebastian Vettel    GER Ferrari-Ferrari    +28.2s
5. Max Verstappen    NED Red Bull-TAG Heuer    +48.6s
6. Kimi Raikkonen    FIN Ferrari-Ferrari    +49.0s
7. Fernando Alonso    ESP McLaren-Honda    +1 lap
8. Carlos Sainz    ESP Toro Rosso-Ferrari    +1 lap
9. Valtteri Bottas    FIN Williams-Mercedes    +1 lap
10. Nico Hulkenberg    GER Force India-Mercedes    +1 lap

11. Sergio Perez    MEX Force India-Mercedes    +1 lap
12. Jolyon Palmer    GBR Renault-Renault    +1 lap
13. Esteban Gutierrez MEX Haas-Ferrari    +1 lap
14. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari    +1 lap
15. Kevin Magnussen    DEN Renault-Renault    +1 laps
16. Daniil Kvyat    RUS Toro Rosso-Ferrari    +1 lap
17. Felipe Nasr    BRZ Sauber-Ferrari    +1 lap
18. Felipe Massa    BRZ Williams-Mercedes    +2 laps
19. Pascal Wehrlein GER MRT-Mercedes    +2 laps
20. Marcus Ericsson    SWE Sauber-Ferrari    +2 laps
21. Rio Haryanto    INA MRT-Mercedes    +2 laps

Subscribe

Terima Kasih telah menjadi pembaca kami, untuk informasi lebih update silahkan masukkan alamat email anda pada form dibawah

No Responses

Leave a Reply