Thursday 19th October 2017

Kecewa, Catatan Waktu Dibatalkan, Rossi Semprot FIM

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Valentino Rossi

Valentino Rossi – Ist

Philip Island – The Doctor atau Valentino Rossi secara tegas menyatakan Federasi Balap Internasional (FIM) salah dalam mengartikan aturan ban super soft basah. 

Untuk itu, kata Rossi, FIM tidak perlu untuk membatalkan catatan waktu di sesi latihan pertama alias free practice 1 (FP1) MotoGP Australia. Itu salah satu keluhan yang disampaikan The Doctor setelah FIM menganggap catatan waktunya di free practice 1 (FP1) tidak sah.

Pada FP1 sekadar informasi, yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Jumat (21/10/2016) pagi WIB. Rossi memilih untuk menggunakan ban bagian depan super soft. Alasannya karena suhu lintasan berada di sepuluh derajat.

Alhasil, Rossi pun sukses mencatatkan waktu tercepat kedua 1 menit 40.998 detik. 

Tiba-tiba, setelah latihan bebas FIM menggelar pertemuan untuk membahas ban yang digunakan Rossi.

Dari hasil investivigasi, Rossi dianggap telah menyalahi aturan karena menggunakan ban 1008B Super Soft lebih dari 10 lap. Padahal, jika mengacu pada aturan MotoGP para pembalap tidak diperbolehkan untuk melebihi aturan tersebut. 

Akibatnya, Rossi harus rela turun dari posisi kedua ke urutan ke-20. Dan FIM hanya memberikan waktu selama 30 menit bagi kubu juara dunia sembilan kali untuk mengajukan banding.
Melihat pernyataan FIM sangat bertolak belakang dengan pengakuan Rossi. 

Dalam sebuah kesempatan dia berkata bahwa dirinya tidak melebihi aturan (sepuluh lap). Sebab, ia hanya menjajal kemampuan ban selama sembilan putaran saja.

“Sebelum memulai latihan bebas, saya ingin menggunakan 1008B Super Soft, karena saya tahu ban akan bekerja baik pada hari ini. Terlebih kondisi lintasan sedang berada pada 10 derajat. 

FIM mengatakan kepada saya “Anda dapat melakukan maksimal 10 putaran tidak lebih” dan saya melakukan sembilan,” jelas Rossi seperti dikutip Motorsports.

The Doctor menambahkan, “Saya melakukan waktu lap yang sangat baik, tapi sayangnya mereka membatalkan catatan waktu saya. Masalahnya mereka salah menghitung ketika saya keluar dan masuk pit, sehingga menjadi 11 bukan sembilan. Inilah yang harus diluruskan,” tandasnya

Subscribe

Terima Kasih telah menjadi pembaca kami, untuk informasi lebih update silahkan masukkan alamat email anda pada form dibawah

No Responses

Leave a Reply