by

Penjualan Tiket Menurun, Malaysia Stop Siarkan F1, Fokus ke MotoGP

F1 Malaysia
F1 Malaysia – Ist

Menteri pariwisata dan budaya Malaysia Nazri Abdul Aziz memastikan bahwa tahun 2018 akan menjadi yang terakhir kali Malaysia menggelar balapan Formula 1.

Masa depan GP Malaysia dipertanyakan sejak bulan lalu. Karena selain biaya penyelenggaran yang sangat mahal, penjualan tiket pun menurun drastis. 

Lalu ditambah lagi tentang adanya laporan bahwa jumlah penonton F1 di televisi pun mencapai titik terendah di sepanjang sejarah.

Khairy Jamaluddin Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia  belum lama ini mengungkapkan bahwa negaranya lebih baik fokus saja dengan penyelenggaran MotoGP, yang selalu laris manis
Malaysia selalu menjadi tuan rumah F1 sejak 1999. Aziz mengatakan, Malaysia tidak akan memperpanjang kontrak menyelenggarakan balapan ‘jet darat’.

Baca juga:  Rekor kemenangan Verstappen

“Kesepakatannya sekarang adalah dari 2016 sampai 2018. Jadi sekalinya berakhir, tidak akan ada lagi [F1],” ucap Aziz kepada media-media setempat, yang kami kutip dari Motorsport.com.

“Jumlah penonton F1 menurun dan sekarang hanya ada sedikit atraksi. Padahal kami menghabiskan RM 300 juta setahunnya [USD 97 juta dolar],” lanjutnya.

“Biaya untuk menggelar F1 telah meningkat 10 kali lipat dibandingkan dari edisi pertama menggelarnya,” pungkas Aziz.