Thursday 21st September 2017

Bajaj Qute Gantikan Bemo, Sudah Beroperasi di Jakarta, Ini Tarifnya

By: On:
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
 Photo : VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

Photo :
VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

Pemprov DKI Jakarta rupanya telah memberi lampu hijau terhadap Bajaj Qute. Sebagai bukti, uji coba telah dilakukan di ibu kota yang sedianya akan menggantikan kendaraan roda tiga bemo.

Berdasarkan penelusuran yang kami kutip dari viva, Bajaj Qute juga sudah terpantau beroperasi di Stasiun Kota, Jakarta Utara. Angkutan umum ini diparkir di lokasi yang biasa dipakai bemo menunggu penumpang.

Salah seorang pengemudi Bajaj Qute yang bermana Salam, dia sudah tiga hari mencari nafkah dengan menggunakan Bajaj roda empat. “Baru tiga hari coba narik pakai ini. Rasanya enak, namanya baru, enggak berisik dan berasap kayak bemo lama,” beber Salam.

Sementara itu, Agus pengemudi Bajaj roda empat lainnya mengatakan, kendaraan ini berbeda dari Bajaj roda tiga berbahan bakar gas yang sudah banyak berseliweran di Jakarta.

“Beda sama Bajaj roda tiga ini. Ini kan gantinya bemo, jadi dari Kota sampai King di Pademangan. Tarifnya Rp5.000 per orang. Lebih nyaman karena penumpang hanya bisa empat orang,” ucap pria yang sudah menjadi pengemudi bemo dari tahun 1980-an.

Artinya konsepnya mirip seperti bemo, di mana dalam satu Bajaj roda empat diperkenankan mengangkut beberapa orang meski tak saling mengenal. Berbeda dengan Bajaj roda tiga yang lebih privasi. Maka itu, biayanya tergolong lebih murah untuk trayek yang sudah ditentukan.

59746c0df3955-bajaj-qute-mulai-gantikan-bemo-di-jakarta_663_382

Uji coba Bajaj roda empat sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak 19 Juli 2017, dan akan dilakukan selama tiga bulan ke depan. Ada sebanyak 17 Bajaj roda empat yang diuji coba. Saat pelaksanaan uji coba ini, masyarakat sudah dapat menggunakan manfaat dari Bajaj.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi Pemprov DKI Jakarta, Andri Yansah, mengatakan dalam masa uji coba pihaknya akan terus berkonsultasi dengan Kementerian Perhubungan. Diharapkan Bajaj roda empat dapat menggantikan bemo yang sudah dihentikan trayeknya. Meksi begitu, Andri belum bisa menjelaskan kapan tepatnya terobosan baru itu akan mulai diberlakukan secara massal.

Sementara itu seperti dilansir Rushlane, Qute merupakan kendaraan mungil buatan India yang dibekali mesin berkapasitas 216cc dan bisa menampung empat orang. Bodinya memang dibuat mirip dengan mobil, sehingga penumpang dapat aman dan nyaman duduk di dalamnya.

Kecepatan Qute dibatasi hingga 70 kilometer per jam saja, demi mencegah terjadinya kecelakaan parah saat berada di jalan raya. Tersedia sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang.

Untuk konsumsi bahan bakar, Qute mampu melaju sejauh 36 kilometer hanya dengan satu liter bensin. Bajaj juga menyediakan paket konversi bahan bakar ke BBG, sesuai permintaan.

Subscribe

Terima Kasih telah menjadi pembaca kami, untuk informasi lebih update silahkan masukkan alamat email anda pada form dibawah

No Responses

Comments are closed.