by

Juara MotoGP Jepang, Dovizioso Persempit Jarak Klasemen Dengan Marquez

Andrea Dovizioso MotoGP Jepang 2017 - crash
Andrea Dovizioso MotoGP Jepang 2017 – crash

Perebutan gelar juara MotoGP 2017 di tiga seri sisa masih akan berlangsung amat seru, khususnya setelah Andrea Dovizioso memperkecil jarak dari Marc Marquez.

Dovizioso kini menempati posisi dua papan klasemen setelah memenangi MotoGP Jepang 2017, Ahad (15/10/2017). Pembalap Ducati tersebut kini berada di posisi kedua dengan 233 nilai.

Puncak klasemen masih ditempati Marquez dengan 244 nilai, setelah pembalap Repsol Honda itu mengoleksi tambahan 20 nilai hasil dari finish kedua di akhir Dovizioso di Motegi.

[BACA JUGA: Lihat Klasemen]

Artinya, kedua pembalap kini cuma selisih 11 nilai saja dengan musim ini menyisakan tiga seri lagi yaitu di Phillip Island pada 22 Oktober, Sepang pada 29 Oktober, dan Ricardo Tormo pada 12 November.

Baca juga:  Tim rival memandang Red Bull harusnya dapat penalti lebih berat

Lain halnya Maverick Vinales dari Movistar Yamaha harus puas dengan tambahan tujuh nilai berkat finish ketujuh yang dia tempati di Motegi. Vinales kini punya 203 nilai, kian jauh dari persaingan.

Satu pembalap lain yang secara matematis masih berpeluang ialah Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang punya 170 nilai, alias selisih 74 nilai dari Marquez dengan tiga seri sisa masih menghadirkan maksimal 75 nilai.

Akan tetapi, tentu saja secara realistis peluang Pedrosa sudah habis seperti halnya Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang terpaku di 168 nilai akibat crash di Motegi. Rossi berjarak 76 nilai dari Marquez.