by

Marquez Juara MotoGP German, Rossi Makin Merosot

image

Marc Marquez Pembalap  Honda, Menjadi yang tercepat dengan menjadi juara di seri MotoGP Jerman 2016.

Dengan hasil raihannya itu pun menjadikan pembalap asal Spanyol itu pun mengkokohkan posisinya di puncak klasemen pembalap.

Marquez menjadi yang tercepat setelah menyelesaikan 30 putaran dalam waktu 47 menit 3,239 detik di Sachsenring, Minggu (17/7/2016) malam WIB,

Sedangkan pada posisi dua ditempati Cal Crutchlow dengan catatan waktu 9,857 detik lebih lambat dari Marquez.

Sementara itu, Andrea Dovizioso ada di posisi ketiga dengan catatan waktu 11,613 detik dari pembalap yang berjuluk ‘Baby Alien’ itu.

Lalu melengkapi posisi lima besar ditempati oleh Scott Redding dan Andrea Iannone. Valentino Rossi yang sempat bersaing di untuk posisi terdepan, harus puas finish di posisi kedelapan.

Dengan finishnya Rossi membuat dirinya akan sulit menjadi juara MotoGP musim ini.

Mendapatkan poin penuh di MotoGP Jerman ini, Marquez sementara ini ada di posisi pertama dengan raihan 170 poin.

Dia berjarak 48 poin dari Lorenzo yang mendapatkan satu poin di balapan kali ini. Sementara itu, Rossi ada di posisi ketiga dengan raihan 111 poin.

Baca juga:  Tips Perawatan dan Persiapan Ban Motor sebelum Mudik

Jalannya Balapan

MotoGP Jerman dengan kondisi lintasan yang basah di awal balapan. Marquez yang menempati posisi start pertama mampu mempertahankan posisinya di tikungan pertama.

Sialnya, Marquez lalu bisa disusul oleh Rossi. Saat lap pertama selesai komposisinya ada Rossi di posisi pertama.

Pada lap kedua, Dovizioso berhasil menyalip Rossi. Pembalap Yamaha itu harus turun peringkat lagi usai didahului oleh Danilo Petrucci.

Di lap ketiga, Petrucci sukses menyalip Dovizioso. Di posisi pertama. Posisi Marquez terus melorot usai didahului oleh Jack Miller di saat balapan menyisakan 25 lap.

Tiga pembalap terdepan di balapan kali ini di dominasi oleh pembalap Italia sampai balapan berlangsung 23 putaran lagi. Petrucci, Dovizioso, dan Rossi yang menjadi tiga pembalap terdepan.

Jorge Lorenzo yang sempat mengeluhkan performa motornya saat balapan di lintasan basah, ada di posisi 13 hingga balapan masih menyisakan 22 lap.

Sayangnya Petrucci tergelincir di lap 10. Dia pun kehilangan posisi pertama balapan hingga harus menempati posisi kedua dari belakang. Marquez juga keluar lintasan di lap yang sama. Dia pun kembali ke balapan di posisi sembilan.

Baca juga:  Wanita Cantik MotoGP Jerman 2016 ikut meramaikan Kemenangan Marquez

Dua lap berselang, petaka bagi Petrucci hadir. Dia akhirnya gagal melanjutkan balapan karena mesin motornya terbakar. Hector Barbera sukses mengambil alih posisi dua dari Rossi. Dia memenangi adu cepat menuju tikungan pertama.

Saat balapan tinggal menyisakan 13 lap, lintasan mulai mengering. Beberapa pembalap memilih untuk mengganti ban, sementara Dovizioso dan Rossi masih terus bertahan dengan pilihan bannya.

Rossi yang mendapatkan perintah untuk mengganti motor malah mengabaikan order tim. Dia memaksa kendaraannya karena balapan cuma menyisakan sembilan lap. Dia ada di posisi kedua di belakang Dovizioso.

Saat balapan balapan tinggal menyisakan tujuh lap, empat pembalap terdepan mengganti motor. Miller kini ada di posisi pertama, disusul oleh Marquez. Dovizioso ada di posisi empat, Rossi ada di posisi tujuh.

Miller akhirnya mengganti motor kala balapan tinggal lima lap. Marquez pun kini ada di posisi terdepan. Hingga akhir balapan Marquez tak lagi terkejar, dia pun memenangi MotoGP Jerman.

Terlihat kejelian Marquez saat ia memutuskan untuk mengganti ban yang akhirnya menjadi kunci kemenangan bagi dirinya.

Berikut Hasil Lengkap MotoGP Jerman

image

[gi]

Comment

Leave a Reply