by

Cal Crutchlow Sukses Juarai MotoGP Australia

​Pembalap tim LCR Honda, Cal Crutchlow, sukses menjuarai balapan MotoGP Australia. Juara dunia 2016, Marc Marquez, mengalami kecelakaan hingga gagal finish.

Crutchlow menjadi yang tercepat pada MotoGP Australia setelah melahap 27 putaran dengan catatan waktu 40 menit 48,543 detik. Ada di posisi dua, Valentino Rossi dengan catatan waktu 4,218 lebih lambat dari Crutchlow. Raihan itu cukup sensasional karena Rossi mengawali balapan dari posisi 15.

Lalu, melengkapi posisi podium ada Maverick Vinales, yang mencatatkan waktu 5,309 detik lebih lambat dari Crutchlow.

Sedangkan melengkapi posisi lima besar ada Andrea Dovisiozo dan Pol Espargaro. Sementara itu, Maquez gagal finish setelah terjatuh saat balapan menyisakan sebanyak 18 putaran lagi.

Alhasil dengan kemenangan ini, Crutchlow mengumpulkan 141 poin dan berhak menempati posisi enam klasemen pembalap. Sementara itu, posisi Rossi peringkat dua dengan kumpulan 216 angka.

Baca juga:  Dimas Ekky Siap Tampil Lebih CEV Moto2 European Championship di Catalunya

Jalannya Balapan

Saat melakoni balapan di Phillip Island, Minggu (23/10/2016) siang WIB, Marquez sempat kehilangan posisi pertama saat start. Aleix Espargaro sempat mengambil alih posisi pimpinan lomba, tapi bisa direbut lagi oleh Marquez sebelum lap pertama selesai.

Tujuh lap berlalu, Valentino Rossi yang mengawali balapan dari posisi 15 sudah bisa menyodok ke posisi lima. Bahkan di lap ke delapan, dia bisa menyalip Andrea Dovizioso untuk menempati posisi empat.

Saat balapan tinggal menyisakan 19 lap lagi, Marquez sudah jauh di depan. Dia berjarak lebih dari dua detik dari Crutchlow yang ada di posisi dua.

Rossi naik satu tingkat lagi satu lap kemudian. Dia berhasil menyalip Espargaro. Kesialan menimpa Marquez di lap yang sama. Dia terjatuh saat menikung hingga harus menyudahi balapan lebih awal.

Baca juga:  Ricky Stenhouse Jr buat rekor baru di Daytona 500

Posisi Espargaro terus melorot hingga adu cepat tinggal menyisakan 15 lap lagi. Dia disalip oleh Maverick Vinales hingga menempati posisi enam.

Perebutan posisi ketiga berjalan sengit hingga balapan tinggal menyisakan sembilan lap. Dovizioso ada diposisi terakhir podium, dikuntit oleh Vinales dan Espargaro. Sementara itu, Rossi sudah berada di posisi dua beberapa lap sebelumnya.

Espargaro terlempar dari persaingan untuk memperebutkan posisi tiga. Dia terjatuh saat balapan tinggal menyisakan lima lap lagi, hingga gagal finish.

Hingga balapan selesai, Crutchlow tak terkejar. Dia pun berhasil meraih kemenangan kedua di musim balap tahun ini. Kemenangan sebelumnya didapat saat membalap di MotoGP Ceko.

Berikut Hasil Balapan MotoGP Australia 2016:

Hasil MotoGP Australia 2016

Comment

Leave a Reply