by

Utamakan Keselamatan, MotoGP Akan Gunakan Layout Baru di Sirkuit Catalunya

Sirkuit terbaru Catalunya
Sirkuit terbaru Catalunya

Setelah melakukan sebuah pertemuan, FIA dan FIM yang membahas rencana perubahan layout Lintasan Catalunya untuk musim balap 2017 demi meningkatkan keselamatan.

Rencananya, Catalunya akan mengalami ubahan di sektor terakhir, dengan penerapan chicane sebelum tikungan terakhir. Hal ini berkaitan dengan insiden nahas yang merenggut nyawa pembalap Moto2, Luis Salom, tahun ini.

Kecelakaan yang dialami Salom pada sesi Free Practice 2 Moto2 Catalunya, Juni lalu, di antaranya karena karakter tikungan 12 di Catalunya tersebut terlalu kencang.

Akhirnya, diputuskan MotoGP akan menerapkan chicane sebelum tikungan terakhir, namun letaknya lebih dekat bila dibandingkan dengan versi untuk balap F1 sejak 2007.

Baca juga:  Albon optimistis Williams lebih baik tapi lonjakan performa soal lain

Ubahan lain untuk sedikit mengurangi kecepatan di MotoGP ialah dengan menggunakan versi lebih pendek dari tikungan 10, yang akan membuat para pembalap menikung dengan sudut lebih tajam. Layout tikungan ini juga telah dipakai oleh F1 sejak 2004, untuk meningkatkan peluang menyalip.

Dengan ubahan ini, maka Catalunya untuk MotoGP akan lebih pendek 75 meter, dari 4,727 meter menjadi 4.652 meter saat balapan di bulan Juni 2017. Pengerjaan ubahan ini pun dijadwalkan tuntas akhir Januari 2017.