by

Sepeda Listrik IRIS eTrike Solusi Atasi Kemacetan?

IRIS-eTrike - Ist
IRIS-eTrike – Ist

Dalam mengatasi kemacetan di sejumlah ruas jalan di perkotaan dan juga sebagai solusi kendaraan masa depan dibutuhkan alat tranportasi yang efektif, aman, nyaman dan ramah lingkungan.

Untuk memberikan solusi tersebut, sejumlah perusahaan transportasi di dunia membuat kendaraan inovatif yang bisa menjawab tantangan tersebut. Seperti yang dilakukan perusahaan di Inggris, Grant Sinclair Design Ltd baru-baru ini meluncurkan skuter listrik, IRIS eTrike.

Kendaraan ini menggunakan tiga roda dan memiliki desain layaknya mobil masa depan. Seluruh bodinya tertutup layaknya mobil, sehingga cukup efektif untuk dikendarai berbagai musim, pengemudinya tidak akan kepanasan dan juga kehujanan.

Baca juga:  Ini 2 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti

Bodinya didesain ‘kecil’ sehingga cukup efektif digunakan untuk berkendara di perkotaan yang identik dengan padatnya lalu lintas kendaraan atau macet. Meski kecil, menariknya, IRIS eTrike juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti penerangan utama LED, layar GPS, panel pemutar musik, dan spion berkamera.

Sumber tenaga IRIS eTrike menggunakan motor listrik dengan opsi 250 Watt sampai 1000 watt yang dipadu dengan baterai lithium-ion 48 V 20 Ah. Dengan 8 gear perpindahan, untuk varian terendahnya diklaim mampu melaju dengan top speed hingga 40km/j.

Di Inggris, IRIS eTrike ditawarkan dengan harga mulai dengan £ 3,999 atau setara dengan Rp 69 jutaan.

Baca juga:  Tambah 4 Unit, Berapa Total Bus Double Decker PO Rosalia Indah Saat Ini?

Gimana guys setelah melihat teknologi ini, apakah cocok diterapkan di Jakarta?