by

Bukti Rossi Masih Kandidat Juara MotoGP 2017

Dan Istitene/Getty Image
Dan Istitene/Getty Image

Valentino Rossi sempat diragukan tampil di MotoGP Aragon akibat patah kakinya. Tetapi, The Doctor malah tetap membalap dan bisa finish kelima.

Rossi tertimpa bencana saat berlatih motocross akhir bulan lalu. Dia mengalami patah kaki yang membuatnya harus menjalani operasi dan diperkirakan absen sekitar sebulan lebih itu. Cedera itu membuatnya diprediksi bakal absen di seri San Marino dan Aragon.

Pembalap 38 tahun itu diprediksi paling cepat bisa mengaspal pada balapan Motegi pertengahan bulan depan. Namun pemulihan Rossi berjalan cepat.

Cuma 22 hari usai kecelakaannya itu, dia dinyatakan fit dan bisa kembali menunggangi Yamaha YZR-M1 buat berlaga di Aragon akhir pekan ini.

Kejutan langsung diperlihatkan Rossi, yang notabene belum fit seratus persen. Meski sempat kesulitan di sesi latihan bebas, Rossi malah menempati peringkat tiga di kualifikasi.

Saat balapan sesungguhnya berlangsung di Lintasan Aragon, Ahad (24/9/2017), Rossi kembali tampil apik. Bisa memberikan perlawanan di awal, dia lantas mengakhirinya dengan finish di posisi lima. Catatan waktunya selisih 5,882 detik dari Marc Marquez yang keluar sebagai pemenang.

Baca juga:  Juara Konstruktor MotoGP 2016 Di Raih Honda

Bukan pencapaian yang buruk buat Rossi yang bahkan tiba ke lintasan masih menggunakan kruk dan kaki kanannya digips.

“Saya sangat bangga dan senang sebab ahad lalu saya tidak tahu apakah bisa ikut balapan. Tetapi kami bekerja dengan bagus, membuat pilihan yang tepat. Mungkin berisiko, tapi saya mencoba tidak melewatkan balapan yang lain sebab semakin banyak balapan yang dilewatkan, semakin butuh waktu lama buat kembali ke pencapaian terbaik Anda,” tutur Rossi seperti dilansir Crash.

“Itu akhir pekan yang menyenangkan karena saya merasa klik dengan motor- meski tidak dalam kondisi 100 persen, karena masih terasa sakit. Namun, saya bisa mengendarai motor dengan bagus. Memulai dari barisan depan kemarin sudah bagus. Saya sangat senang, saya tahu akan lebih sulit pada balapan hari ini,” sambungnya.

Baca juga:  Vinales Merasakan Kesulitan Saat Latihan Bebas Brno

“Tetapi, bagaimanapun, ini ialah balapan yang hebat. Saya melakukan awal yang bagus dan di lap pertama saya cukup tangguh. Saya bisa bersaing dengan Lorenzo dan Marquez buat menang. Di paruh kedua balapan saya tahu bakal kesulitan. Saya lebih lelah dari biasanya dan saya merasa sedikit kesakitan.”

“Selain itu, kami sedikit kesulitan dengan ban akhir yang mulai terkikis. Bagaimanapun balapannya sangat bagus dan saya tidak mengira bisa finish lima besar, saya bahkan tak berpikir bisa meraihnya. Sangat bagus,” tutupnya.

Hasil ini membuat Rossi masih bercokol di peringkat lima dengan nilai 168, selisih 56 nilai dari Marquez di puncak. Selanjutnya seri MotoGP akan diselenggarakan di Motegi, Jepang 15 Oktober.