by

Aturan MotoGP Diperketat, ada apa?

Highside Crash Jack Miller MotoGP Austria 2016 - pertamax7
Highside Crash Jack Miller MotoGP Austria 2016 – pertamax7

Setiap tim peserta MotoGP tidak bisa berbuat banyak saat pembalapnya mengambil keputusan menyewa lintasan buat berlatih di trek tanah. Jack Miller ialah perkara terbaru dari seorang pembalap MotoGP yang mengalami kecelakaan saat berlatih di pegunungan Andorra dengan Maverick Vinales, Alex Rins dan Fabio Quartararo.

Dari hasil pemeriksaan menyebut bahwa Miller mengalami cedera pada bagian kaki kanannya. Akibatnya pembalap Marc VDS Honda itu terpaksa absen di Grand Prix Jepang pada 15 Oktober mendatang.

Lantas apakah ada kontrak tentang aktivitas yang melarang pembalap tampil di luar trek kuda besi MotoGP? Pertanyaan ini menggelitik penggemar buat mengetahuinya, mengingat ada banyak hobi yang dilakukan pembalap.

Baca juga:  Pol Espargaro Tercepat pada Hasil FP1 MotoGP Mandalika

Maverick Vinales misalnya. Pembalap Yamaha itu jarang terdengar menguji kemampuan di lintasan tanah. Dia lebih suka bersepeda buat menjaga kebugaran fisiknya. Valentino Rossi juga menyukai motocross.

Bahkan Vinales sempat meminta izin kepada tim Yamaha buat tampil di Quebrantahuesos. Namun, Pabrikan Jepang tidak memberikan kesempatan pembalapnya buat tampil mengayuh sepeda.

“Kontrak kami mengatakan bahwa pembalap harus meminta izin kepada kami kalau mereka akan melakukan aktivitas. Sudahkah kami melarang pembalap buat melakukan sesuatu? Ya. Balapan sepeda misalnya, bagi saya lebih berbahaya dibanding balapan MotoGP,” papar Direktur Yamaha Lin Jarvis seperti dilansir dari Motorsport, Kamis (5/10/2017).