by

Alami Crash Pada Bahu, Marc Marquez Akan Menjalani Operasi

Marc Marquez mengalami semacam deja vu menuju MotoGP 2020. Seperti tahun lalu, dia tahun ini juga bakal menjalani operasi buat memulihkan cedera bahu.

Marquez terjatuh di hari pertama tes Jerez, Senin (25/11/2019) kemarin dan merasakan sakit pada bahu kanannya. Pemeriksaan di pusat medis lintasan menyatakan dia mengalami dislokasi kecil/sebagian, namun dinyatakan bagus-bagus saja buat melanjutkan tes.

Hanya saja cedera itu sebenarnya bukan cedera pertama Marquez musim ini. Dia sudah bermasalah dengan bahu kanan sebelum seri Motegi dan kemudian mengalami dislokasi kecil/sebagian di kualifikasi MotoGP Malaysia.

Setelah melalui diskusi, diputuskan bahwa Marquez akan menjalani operasi pada Rabu (27/11) di Rumah Sakit Universitari Dexeus-Quiron di Barcelona. Keputusan ini diambil agar tak terjadi kerusakan lebih jauh di bahu kanannya.

Baca juga:  Gubernur NTB harapkan IMI dukung perhelatan otomotif di daerah

Menariknya, ini ialah operasi serupa yang dilalui Marquez musim lalu. Bedanya ialah kala itu bahu kirinya yang harus dibedah.

“Musim dingin ini, saya ingin merasakan liburan yang menyenangkan dan menikmati sedikit periode tenang setelah musim 2019 yang hebat, tapi rupanya itu ialah waktunya saya menjalani operasi di bahu kanan,” papar Marquez dilansir Crash.

“Seperti yang semua orang tahu, musim dingin tahun lalu sangatlah berat untuk saya dengan operasi di bahu kiri, yang mana sudah sangat usang. Saya ingin menghindari situasi serupa di bahu kanan saya ke depannya, jadi saya banyak berbicara dengan dokter-dokter buat melihat opsi-opsi kami.”

“Sebelum Motegi, saya merasakan ada isu dengan bahu kanan saya ini, lalu setelah jatuh di Malaysia, saya mengalami dislokasi kecil. Di tes ini, saya mengalami dislokasi kecil lainnya setelah terjatuh, jadi kami memutuskan bersama dokter bahwa langkah terbaik ialah melakukan operasi buat menghindari situasi yang sebelumnya kami alami di bahu yang lainnya.”

“Kurang lebih akan membutuhkan waktu yang serupa dan kami akan bekerja dengan cara yang serupa agar tiba di tes Malaysia dengan kondisi sebaik mungkin,” imbuhnya.

Tes MotoGP pertama musim 2020 akan diselenggarakan di Sepang, Malaysia pada 2-4 Februari mendatang. Tahun lalu, Marquez masih belum sepenuhnya fit di tes ini selepas operasi di bahu kirinya.