by

PT. Jakpro Pastikan Formula E Tetap Berjalan Meski PMD Dipotong

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan balap kendaraan roda empat Formula E akan tetap berjalan pada 2020. Kepastian disampaikan meski Penyertaan Modal Daerah (PMD) buat BUMD ini dipotong menjadi Rp 2,708 triliun dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020.

Balapan tersebut tetap berjalan karena telah ada perjanjian antara Jakarta dan Formula E Operations (FEO) Limited. “Pelaksanaan tetap berjalan. Show must go on, kan sudah disepakati dengan FEO,” ucap Sekretaris Perusahaan Jakpro Hani Sumarno seperti dilansir temp0, Kamis(28/11/ 2019).

Meskipun menyebutkan Formula E pada 2020 akan tetap berjalan, Jakpro yang ditunjuk sebagai penyelenggara, belum memutuskan besarnya dana yang akan dialokasikan buat ajang balapan kendaraan roda empat listrik tersebut. Menurut Hani, itu karena setiap proyek ada direkturnya dan mereka harus duduk bareng terlebih dulu.

Baca juga:  Hаѕіl Rасе 2 WоrldSBK Indоnеѕіа dі Sіrkuіt Mandalika

Hani menuturkan, setiap perubahan akan dibahas dan dilaporkan ke pemegang saham karena setiap proyek Jakpro ialah proyek penugasan. Adapun Jakpro sebelumnya mengajukan anggaran buat menggelar Formula E pada 2020 senilai Rp 767 miliar. Terbesar akan digunakan buat infrastruktur sekitar Rp 350 miliar.

Selain Formula E, Jakpro juga mengerjakan beberapa proyek pembangunan pada 2020. Yang tak kalah besar ialah revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), pembangunan Stadion BMW (Jakarta International Stadium) dan pembangunan LRT.

Sebelumnya, meeting Badan Anggaran (Banggar) DPRD Daerah Khusus Ibukota memotong anggaran PMD buat pembangunan TIM sebesar Rp 400 miliar, menjadikan PMD buat Jakpro turun dari Rp 3,106 triliun menjadi Rp 2,706 triliun. Hasil Banggar tersebut telah disepakati secara resmi menjadi KUA-PPAS setelah penandatanganan MoU antara DPRD Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota di meeting paripurna, Kamis.[tempo]