by

Marquez Dikontrak 4 Tahun, Dovizioso: Kukira Dia Akan Pindah

Andrea Dovizoso mengaku kaget karena Marc Marquez teken kontrak jangka panjang di Repsol Honda. Dovizoso awalnya menyangka Marquez akan mencoba tantangan lain.

Marquez sudah begitu dominan di atas RC213V. Pembalap Spanyol itu berhasil menyabet gelar juara dunia enam kali sejak debutnya di MotoGP pada 2013.

Tidak sedikit yang ‘menantang’ Marquez buat menjajal tim lain setelah dominasinya bersama Honda. Namun, di awal tahun ini Marquez secara mengejutkan justru menandatangani kontrak baru selama empat tahun, durasi yang tidak biasa.

“Aku sangat terkejut dengan kontrak berdurasi empat tahun itu,” ucap Dovizoso kepada Sky Sport 24. “Aku tidak menyangka.”

“Sebenarnya aku memiliki sebuah pemikiran yang sepenuhnya berbeda. Kukira dia akan menerima sebuah tantangan buat balapan dengan motor lain. Sepertinya itu ialah pilihan yang aneh. Sudah pasti ada sesuatu di akhir yang kita tidak tahu.”

Marquez begitu superior usai menjuarai 2019 dengan memenangi 12 dari 18 balapan yang dituntaskan dan tidak pernah finish di luar dua besar. Meski Marquez menjalani tes pramusim yang kurang menjanjikan, Dovizioso percaya pesaingnya itu masih tetap menjadi pembalap yang mesti dikalahkan jika mau merebut gelar juara dunia.

Baca juga:  50 km lintasan adventure siap untuk Uncle Hard Enduro 2022

“Marc tidak memberi kesempatan kepada siapapun pada tahun lalu, tapi keindahan balap motor itu setiap musim berbeda. Banyak hal bisa terjadi. Aku sih menduga persaingan akan lebih ketat lagi,” sambung Dovizioso.

“Di 2019, sampai tengah musim, Marc, Rins, dan aku bersaing buat gelar juara, kemudian pembalap-pembalap Yamaha menyeruak. Tahun ini, mereka akan langsung kompetitif dari awal. Jadi akan ada setidaknya empat atau lebih pembalap yang akan bersaing buat kemenangan dan gelar juara dunia.”

Lain halnya belum bisa dipastikan kapan MotoGP 2020 akan dimulai usai krisis corona meluas di Eropa. Yang terakhir seri Jerez yang sedianya diselenggarakan awal Mei diputuskan ditunda.