by

Marc Marquez Sindir Pembalap Yamaha Tak Dihukum di MotoGP Eropa

Marc Marquez menyindir keputusan FIM MotoGP Stewards yang tidak mengurangi nilai empat pembalap Yamaha jelang MotoGP Eropa 2020 setelah Yamaha dan dua tim Yamaha dinyatakan melakukan pelanggaran.

Dua pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, serta dua pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino, tidak dijatuhi hukuman pengurangan nilai meski FIM MotoGP Stewards memberi hukuman kepada orang Yamaha.

Yamaha dihukum pengurangan 50 nilai di klasemen kejuaraan dunia konstruktor MotoGP 2020. Monster Energy Yamaha dihukum pengurangan 20 nilai di klasemen kejuaraan dunia tim. Sementara Petronas Yamaha mendapat pengurangan 37 nilai.

Keputusan FIM MotoGP Stewards tidak menghukum empat pembalap Yamaha mendapat respons dari Marquez. Pembalap Repsol Honda itu mengeluarkan sindiran melalui Twitter.

Baca juga:  Marquez uji aero baru Honda di Phillip Island

“Sekarang diketahui ternyata para pembalap [Yamaha] tidak mendapat keuntungan dari keunggulan mekanik,” tulis Marquez melalui Twitter ditambah dengan emoticon orang tertawa dan orang sedang menepuk dahi.

Orang Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) tidak menjelaskan secara detail penyebab hukuman buat ketiga orang tersebut. FIM hanya menjelaskan Yamaha, Monster Energy Yamaha, Petronas Yamaha telah melanggar regulasi.
Banner Live Streaming MotoGP 2020

Yamaha diyakini terkena hukuman FIM karena melanggar regulasi homologasi mesin pada MotoGP Spanyol dengan menggunakan katup yang tidak sesuai dengan sampel atau spesifikasi yang diberikan sebelum MotoGP 2020.

Baca juga:  Enam sprint race ramaikan Formula 1 2023

Pada balapan MotoGP Spanyol 2020 di Lintasan Jerez, Quartararo dan Vinales meraih finish 1-2. Kalau pembalap Yamaha mendapat hukuman karena kesalahan di MotoGP Spanyol, maka Quartararo dan Vinales dipastikan dalam posisi sulit di perebutan gelar juara dunia MotoGP 2020.

Quartararo saat ini hanya tertinggal 14 nilai dari pembalap Suzuki Joan Mir di puncak klasemen sementara jelang MotoGP Eropa 2020.

Live streaming MotoGP Eropa 2020 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com pada Ahad (8/11). Sementara siaran langsung balapan disiarkan stasiun televisi Trans7.