by

Dua Pembalapnya Juara 1 & 2, Bos Suzuki: Jangan Bangunkan Saya Lagi Mimpi!

Suzuki senang betul dengan pencapaian apik kedua pebalapnya usai melakoni seri MotoGP Eropa, Ahad (9/11). Joan Mir dan Alex Rins makin dekat dengan gelar juara dunia MotoGP 2020.

MotoGP 2020 memang penuh kejutan saat Marc Marquez absen panjang karena cedera. Persaingan menjadi lebih terbuka lebar, termasuk adanya Joan Mir di puncak klasemen saat ini.

Di Lintasan Ricardo Tormo, Valencia, Ahad (8/11/2020) malam WIB, Mir menjadi pemenang MotoGP Eropa setelah melahap 27 putaran dengan catatan waktu 41 menit 37,297 detik.

Dengan tambahan 25 nilai, Mir kini menguasai posisi teratas klasemen MotoGP dengan raihan 162 nilai. Dia unggul 37 nilai dari Fabio Quartararo dan Alex Rins yang menjadi pesaing terdekat.

Ini tentu jadi kejutan mengingat Suzuki selama ini kerap tertinggal dari Honda, Yamaha, atau Ducati. Manajer tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya usai Alex Rins -Joan Mir meraih podium di Valencia.

“Saya tidak bisa meminta lebih dari itu. Jangan bangunkan saya karena saya sedang bermimpi. Ini musim bersejarah, kami bangga. Sekarang kami ingin menyelesaikan tahun ini dengan bagus,” jelas Davide Brivio seperti dilansir dari Skysport.

Kebahagiaan Brivio tampak wajar, usai Suzuki hengkang dari Motogp pada 2011. Davide Brivio yang sebelumnya menjadi salah satu arsitek keberhasilan Yamaha Motogp, didaulat buat mengibarkan kembali bendera Suzuki pada 2015.

Menggunakan motor GSX-RR mesin inline 4, bongkar pasang pembalap pun terus dilakukan, dari Andrea Ianone, Aleix Espargaro, dan Maverick Vinales pernah berseragam pabrikan Hamamatsu ini.

Bila dibandingkan dengan 2019 lalu, musim 2020 ini menjadi momen bersejarah bagi Suzuki. Di akhir musim 2019, Rins finish di tempat keempat klasemen dengan selisih tipis (6 nilai) di bawah Vinales yang berada di peringkat 3. Sedangkan Mir berada di urutan 12 dengan prestasi terbaik berada di urutan ke-5 di Australia.

Musim 2020 buat pertama kalinya dalam 20 tahun, pembalap Suzuki memimpin klasemen MotoGP. Saat Kenny Roberts, Jr yang menjuarai GP 500cc pada tahun 2000.

Davide Brivio berharap Suzuki bisa menutup akhir musim dengan capaian yang terbaik.

“Kami harus bangga dengan seluruh tim, saya harap ini akan menjadi tahun buat menyelesaikan dengan bagus dan bisa diingat terus,” imbuhnya.

News Feed