by

Mereview Mobil F1 2022, Formula Baru untuk Masa Depan

Formula 1 akan memasuki era baru dengan pengenalan regulasi teknis baru, yang akan diterapkan mulai musim 2022. Sebagai awal, kita sudah diperlihatkan konsep kendaraan roda empat F1 2022 yang dipamerkan di Grand Prix Inggris pekan lalu.

Dengan kendaraan roda empat baru, F1 tengah mencari Formula baru buat menghasilkan balapan yang lebih menghibur dengan intensitas pertarungan yang lebih dekat dari saat ini.

Tetapi, bagaimana itu bisa diwujudkan? Crash.net coba membandingkan sejauh apa perbedaan kendaraan roda empat F1 2022 dengan model saat ini dari segi teknis, dan bagaimana itu akan mengubah balapan tahun depan.

Memang, kita akan melihat beberapa desain berbeda dari tiap tim tergantung bagaimana mereka menerjemahkan regulasi ke dalam desain kendaraan roda empat, tapi mock-up yang dipamerkan di Silverstone kemarin bisa menjadi bocoran awal bagaimana kendaraan roda empat F1 buat musim 2022 mendatang.

Mobil F1 2022
Mobil F1 2022 – crash.bet

Secara aerodinamika, kendaraan roda empat F1 2022 dibuat lebih ‘bersih’ dibandingkan kendaraan roda empat saat ini. Ornamen Aero kendaraan roda empat dibuat sederhana dan lebih natural, membuatnya tidak terlalu sensitif secara aerodinamis dan mengurangi efek ‘Dirty Air’ yang menjadi kasus kendaraan roda empat Formula 1 modern.

Hal ini bisa langsung terlihat dari sayap depan, yang memiliki susunan lebih sederhana dengan end-plate yang juga dirubah. Salah satu tujuan di sini ialah buat mengeliminir ‘Y250 vortex’, sebuah pusaran yang berasal dari bagian dalam sayap depan, dan mempengaruhi aliran angin ke kendaraan roda empat di belakangnya.

Desain sayap akhir kendaraan roda empat F1 2022 juga dibuat sangat berbeda, mungkin satu-satunya kesamaan ialah dipertahankannya Drag Reduction System (DRS) dengan konsep yang serupa seperti sebelumnya. Sayapnya terlihat lebih melengkung ketimbang model sebelumnya yang tampak mengotak, dan juga terdapat elemen aerodinamika di bawah spoiler.

Baca juga:  Mengapa Shin Tae-yong Didukung dan Dicintai Masyarakat Indonesia

Desain baru ini bertujuan buat mengarahkan riak aerodinamika ke arah atas, bukan tepat ke arah kendaraan roda empat yang tepat di belakangnya, faktor yang membuat kendaraan roda empat F1 modern sulit melakukan slipstreaming.

Beralih ke samping, kendaraan roda empat F1 2022 akan terlihat jauh, jauh lebih bersih dibanding model saat ini. Khususnya di bagian dekat kokpit pembalap di mana komponen aerodinamika seperti bargeboard atau elemen lainnya, yang bertugas mengubah arah aliran udara kendaraan roda empat, tidak lagi menjadi bagian desain, alhasil tampilan kendaraan roda empat juga lebih bagus secara estetika.

Salah satu perubahan paling radikal ada di bagian velg dan ban, di mana Formula 1 beralih dari velg 13 inci dengan profil ban tebal, yang sudah bertahan sejak lama, menjadi velg 18 inci dengan profil ban yang lebih tipis, membuat kendaraan roda empat lebih agresif secara tampilan.

Mobil F1 2022
Mobil F1 2022 – crash.net

Kendaraan roda empat juga akan kembali memakai wheel cover, yang sempat dipakai antara 2008-2009, yang dipakai buat membuat aliran angin tetap bersih dan membatasi area ‘bermain’ tim buat mendapat keuntungan dari desain velg. Hadir juga over-wheel winglets, atau wake control devices, yang dipakai buat menjaga aliran angin tetap bersih.

Dengan desain kendaraan roda empat yang dibuat lebih bersih dan sederhana, perubahan paling dasar pada kendaraan roda empat F1 2022 ialah bagaimana cara mendapatkan downforce. Uniknya, konsep yang dipakai bukanlah barang baru, justru kita mundur jauh ke tahun 1970-an akhir.

Baca juga:  Statistik Grand Prix Jepang di Suzuka

FIA mengadopsi kembali konsep Ground Effect yang dipopulerkan oleh kendaraan roda empat F1 dari tahun 1970-an akhir buat menghasilkan downforce yang tidak menggangu kendaraan roda empat di belakangnya. Kendaraan roda empat F1 2022 akan beralih dari lantai flat-bottom dengan menghadirkan 3D-Shaped Floor dengan Menggunakan konsep Ground Effect, yang menyedot kendaraan roda empat ke permukaan lintasan, bukan menekan kendaraan roda empat seperti aerodinamika saat ini.

Downforce yang dihasilkan ground effect dinilai tidak akan terlalu terpengaruh saat membuntuti kendaraan roda empat di depan, dan di saat bersamaan juga tidak menghasilkan ‘Dirty Air’ ke kendaraan roda empat di belakangnya.

Mobil F1 2022
Mobil F1 2022 – crash.net

Dengan berbagai perubahan konsep ini, kendaraan roda empat F1 2022 diklaim memiliki dampak kehilangan downforce yang lebih rendah dari kendaraan roda empat saat ini, yaitu 4% pada 20m, dan 18% pada 10m. Ini jauh lebih rendah dibandingkan generasi saat ini, yang kehilangan 35% pada 20m, dan 46% pada 10m.

Semua perubahan ini cukup berdampak pada bobot kendaraan roda empat yang meningkat sekitar 5%. Kendaraan roda empat F1 2022 nanti diklaim memiliki bobot 790 kg, lebih berat 38 kg dari kendaraan roda empat sekarang. Hal tersebut dikarenakan bobot keempat velg dan ban yang total 14 kg lebih berat, dan level keselamatan kendaraan roda empat yang semakin ditingkatkan.

Lain halnya tidak ada perubahan mencolok dari sisi powertrain, terlebih setelah diberlakukannya ‘engine freeze’ yang membuat mesin V6 turbo-hybrid yang ada saat ini tidak akan banyak berubah sampai 2024, jelang pengenalan mesin generasi baru tahun depannya.[crash.net]