by

Resmi! The Doctor Valentino Rossi Pensiun Setelah MotoGP 2021

Valentino Rossi mengumumkan akan pensiun usai MotoGP 2021. Pembalap 42 tahun asal Italia itu menuntaskan perjalanannya selama 26 tahun di dunia balap motor.

“Saya sudah memutuskan buat berhenti di akhir musim ini, jadi ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP,” jelas Rossi dalam jumpa pers resminya jelang MotoGP Styria, Kamis (5/8/2021), dilansir dari situs resmi MotoGP.

“Ini momen yang menyedihkan, sebab sulit buat memahami dan bilang bahwa musim depan saya tak akan membalap motor lagi,” lanjut The Doctor.

“Saya sudah melakukannya selama kurang lebih 30 tahun! Tahun depan kehidupan saya akan berubah, tapi semua yang saya lalui luar biasa. Saya amat menikmatinya, sebuah perjalanan yang amat panjang. Lucu, 25-26 tahun di kejuaraan dunia, itu luar biasa,” jelasnya.

Rossi sudah menjadi juara dunia sebanyak 9 kali sepanjang kariernya, dengan rincian sekali di kelas 125 cc, sekali di kelas 250 cc, dan 7 kali di kelas 500 cc/MotoGP. Kalau ditotal, sampai saat ini dia sudah meraih 115 kemenangan dan 235 podium di ketiga nomor balap tersebut.

Baca juga:  Waduh, Ternyata Rossi Pakai Helm AGV 'Palsu'

Musim ini, Valentino Rossi tampil bersama Petronas Yamaha SRT, namun penampilannya sejauh ini belum maksimal. Dari 9 balapan yang sudah dilalui, Rossi belum pernah finish di atas peringkat 10, dan baru mengumpulkan 17 nilai.