by

Max Verstappen Juara GP Belanda, Ekspektasi Pendukung Terpenuhi

Max Verstappen sukses keluar sebagai pemenang Formula 1 GP Belanda pada Ahad (5/9) malam WIB. Dia finish terdepan ungguli duo Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Balapan yang berlangsung di lintasan Zandvoort itu ditonton langsung oleh para pendukung Verstappen. Sebab, ini balapan di negaranya sendiri. Kemenangan Verstappen ini berhasil memenuhi ekspektasi umum bangsa Kincir Angin tersebut.

1. Verstappen tunjukkan pencapaian terbaik sepanjang akhir pekan GP Belanda

Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung TerpenuhiVerstappen saat lintasi garis finish pada GP Belanda (twitter.com/redbullracing)

Max Verstappen bisa tampilkan pencapaian terbaik sepanjang akhir pekan di GP Belanda. Pembalap Red Bull itu sukses meraih pole position berkat keunggulan tipis 0,038 detik dari Hamilton.

Pada balapan pun, Verstappen juga berhasil menuntaskan balapan tanpa membuat kesalahan. Strategi pit stop tim pun turut membantunya dalam meraih kemenangan di depan pendukung sendiri. Pada akhirnya, bendera dan lagu kebangsaan Belanda berkumandang sebagai penutup kesuksesannya di Zandvoort.

2. Verstappen tahu ekspektasi tinggi pendukung pada balapan GP Belanda

Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung TerpenuhiVerstappen saat angkat trofi pada GP Belanda (twitter.com/redbullracing)

Balapan di bangsa sendiri menjadi pengalaman tak terlupakan buat Verstappen. Pembalap bernomor kendaraan roda empat 33 itu mengaku kalau para penggemar punya ekspektasi tinggi terhadapnya. Mereka ingin melihat dirinya naik di podium tertinggi di Zandvoort.

Baca juga:  Keinginan Rossi Jajal Sirkuit Mandalika Indonesia

“Aku tahu para penggemar punya ekspektasi tinggi ketika tiba ke sini. Mereka pastinya ingin menang. Ini tak pernah mudah sebelum Anda berada di sini. Pastinya aku sudah sangat puas dengan pole position, tapi juga senang memenangkan balapan”, papar Verstappen dilansir PlanetF1.

3. Verstappen berusaha jaga fokus saat balapan di hadapan ribuan pendukung sendiri

Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung TerpenuhiVerstappen saat balapan GP Belanda (twitter.com/redbullracing)

Memang, menjaga fokus saat balapan disaksikan oleh ribuan pendukung di bangsa asal bukan kasus mudah buat Verstappen. Tetapi, dia tetap bersikap profesional dengan berupaya memberikan hasil maksimal.

“Aku tahu aku harus fokus saat balapan, itu cukup mudah. Tetapi, pastinya ada lebih banyak gangguan terutama ketika Anda berada di grid dan di akhir kemudi. Ada banyak keramaian. Aku pikir kami cukup profesional buat fokus pada pekerjaan kami saat berada di dalam kendaraan roda empat”.

4. Verstappen rasakan tekanan yang diberi Hamilton saat balapan

Perang strategi pit stop antara Red Bull dan Mercedes sempat membuat jarak Verstappen dan Hamilton mendekat sampai menjadi satu detik saja. Namun, Hamilton tidak berhasil menyalip Verstappen sampai akhir kejuaraan. Justru, Hamilton masuk pit ketiga kalinya buat memakai ban soft guna mencari nilai tambahan dari fastest lap.

Baca juga:  Pembalap Indonesia Dimas Ekky Gagal Berlaga di Aragon Akibat Faktor Visa dan Pandemi

Walau begitu, Verstappen merasakan tekanan yang diberikan oleh pesaingnya itu. Dia pun bersyukur keputusan tim buat dirinya dengan pemakaian ban hard di pit stop kedua berbuah kemenangan.

“Sepanjang balapan, ada jarak yang dekat antara aku dan Hamilton. Dia benar-benar memberi tekanan, tetap memberi beberapa lap bagus.

Aku berpikir juga setelah pit stop terakhir. Aku pikir pada satu titik buat berada dengan ban medium, dan aku pakai ban hard. Beruntung, itu (ban hard) dapat bertahan sampai akhir”, ucap Verstappen dilansir Autosport.

5. Hasil balapan GP Belanda dan posisi Verstappen di klasemen pembalap

Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung TerpenuhiHasil balapan F1 GP Belanda (twitter.com/F1)

Kemenangan di GP Belanda membuat Verstappen kini berada di puncak klasemen dengan koleksi 224,5 nilai. Dia unggul 3 nilai dari Lewis Hamilton. Lain halnya, Valtteri Bottas bertengger di posisi ketiga dengan 123 nilai.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Monza, Italia pada 10-12 September mendatang. Akankah Verstappen kembali meraih kemenangan? Atau, Monza akan jadi arena ‘balas dendam’ Hamilton usai takluk di GP Belanda?

 

News Feed