by

India Luncurkan Mobil Listrik Murah, Harga Mulai Rp 158 Juta

Jakarta -Pabrikan kendaraan roda empat asal India, Tata Motors, baru saja merilis kendaraan roda empat listrik dengan harga terjangkau. Dinamakan Tata Tiago EV, city car bertenaga listrik baterai tersebut dipasarkan dengan harga perkenalan mulai Rs 8,49 lakh atau setara Rp 158 juta buat varian XE.

Dilansir dari Cartoq, Tata Tiago EV terlihat cukup identik dengan versi mesin konvensionalnya. Namun ada beberapa ubahan menyesuaikan identitas yang diusungnya. Misalnya logo EV, dengan highlight berwarna biru pada area grill, bodi samping, sampai bagian velg.

Kendaraan roda empat ini ditawarkan dalam 7 varian, dengan 5 varian berbekal baterai 24 kWh dan 2 varian berbekal baterai 19,2 kWh. Varian teratas Tiago EV, XZ + Tech Lux dibanderol sekitar Rs 11,79 lakh atau sekitar Rp 220 juta.

Baca juga:  Pantas Mobil Listrik di China Murah, Profesor Jepang Bongkar Rahasianya

Tata akan membuka keran pemesanan pada 10 Oktober 2022, sementara pengiriman baru akan dimulai pada Januari 2023. Dari jatah 10.000 unit dengan harga perkenalan, 2.000 unit di antaranya dikhususkan buat pemilik Tata Tigor, Tata Nexon EV, dan Tata Nexon EV Max.

Soal pencapaian, paket baterai 24 kWh diklaim bisa menempuh jarak sejauh 315 km (MIDC) atau sekitar 260 km kalau dalam penggunaan real harian. Adapun untuk paket baterai 19,2 kWh klaimnya bisa tembus jarak 250 km (MIDC), yang seharusnya diterjemahkan menjadi 200 km.

Ada empat opsi pengisian daya yang berbeda. Ada pengisi daya 15 A, pengisi daya AC 3,3 kW, pengisi daya rumah cepat 7,2 kW AC, serta pengisi daya DC quick charge yang dapat mengisi daya baterai dari 10% sampai 80% hanya dalam 57 menit. Pengisi daya rumah AC 7,2 kW membutuhkan waktu 3 waktu 36 menit buat mengisi daya baterai dari nol sampai penuh.

Baca juga:  Avanza Listrik Karya Atta Halilintar yang Dibantu Desainer Mobil Justin Beiber

Tata Tiago EV mendapatkan dua mode berkendara, City dan Sport. Ada empat level regenerasi berbeda yang dapat meningkatkan jangkauan. Tata Tiago EV akan menawarkan telematika dengan Z-Connect. Ada lebih dari 65 fitur termasuk on/off AC jarak jauh, geo-fencing jarak jauh, dan banyak lagi.

Pabrikan juga menawarkan jok kulit imitasi, kontrol iklim otomatis, wiper penginderaan hujan, lampu depan otomatis, ORVM yang bisa disetel secara elektrik, kontrol jelajah. Tata juga menawarkan sebanyak 8 speaker buat varian top-end.