by

Jajal Motor Listrik Electrum, Sandiaga Uno: Pemakaiannya Lebih Irit!

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendapat kesempatan buat menjajal salah satu motor listrik Gesits dari ekosistem Electrum di Bali. Electrum ialah perusahaan patungan dari GoTo dan TBS Energi Utama yang bertujuan mengakselerasi dan meningkatkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.Sandiaga Uno mengatakan setelah G20, di Bali bertahap akan menggunakan kendaraan listrik, dan dimulai dari daerah Nusa Dua. Bahkan, Sandiaga menargetkan di 2030, tidak ada lagi yang menjual kendaraan combustible energy.

“Buat mendukung inisiatif tersebut, kita butuh mitra. Salah satunya mitra seperti Electrum, supaya dapat menciptakan ekosistem EV yang menyeluruh,” imbuh Sandiaga pada Jumat (30/9/2022).

Sandiaga pun mengakui sudah berkali-kali menggunakan motor listrik dan menurutnya jenis kendaraan listrik yang dihadirkan dalam ekosistem Electrum bukan hanya kendaraan yang ramah lingkungan, tetapi juga yang nyaman buat dikendarai oleh mitra driver Gojek yang sehari-harinya bekerja di jalanan. Dia pun mengapresiasi Electrum yang akan mempercepat transformasi ke kendaraan listrik.

Baca juga:  Duh! 'Mobil Mr.Bean' Ditinggal 30 Tahun di Parkiran Hotel Jadi Buluk

“Saya tadi coba motor listriknya, ada tiga mode pilihan sport, urban, dan economy. Karena saya fokus di bidang ekonomi, saya pilih moda ekonomis saat mengendarai motor listrik. Dan benar aja pemakaiannya lebih irit,” ucap Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mencoba menjajal kendaraan listrik dari ekosistem Electrum melewati jalan Tol Bali Mandara menuju Denpasar, buat menghadiri penanaman Pohon Kolektif GoGreener bersama Gojek dan Jejakin.id.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia (Word’s Tourism Day). Dia menuturkan sensasi yang dirasakan ketika melewati tol benar-benar spektakuler. Belum lagi, panorama yang disuguhkan juga sangat bagus.

Baca juga:  Daihatsu Sigra Limited Edition, Bikin Kantong Tergoda

“Sensasinya tadi saat melewati jalan tol itu benar-benar mendapat kesan spektakuler karena juga bisa melihat pesawat dan sebelah kiri kanannya sudah ditata, bersih, asri dan juga banyak pengguna jalan yang patuh berlalu lintas, sebagai salah satu syarat pariwisata itu keamanan dan keselamatan,” imbuhnya.

Sandiaga juga menyebutkan rencana Kemenparekraf terkait dengan funding kepada komunitas dan stakeholder lainnya buat dapat membantu transisi masyarakat ke kendaraan listrik.

“Funding akan kita sandingkan dengan industry leaders seperti Gojek dan anak usahanya, Electrum, buat membantu masyarakat bertransisi buat menggantikan yang tadinya kendaraan berbasis BBM menjadi listrik. Harus ada insentifnya karena ini merupakan investasi yang bernilai luar biasa kepada ekonomi kita,” kata Sandiaga.