by

Sainz kalahkan Leclerc saat Ferrari finish 1-2 di FP2 GP Singapura

 

Jakarta (ArenaBalap) – Carlos Sainz menggungguli Charles Leclerc buat membawa Ferrari finish 1-2 di sesi latihan kedua Grand Prix Singapura pada Jumat.Sang pembalap Spanyol mengitari lintasan Marina Bay sejauh 5km dengan lap tercepat satu menit 42,587 detik di sesi latihan petang hari itu, mengalahkan tandemnya asal Monako dengan selisih 0,208 detik, demikian laman resmi Formula 1.

George Russell menunjukkan potensi Mercedes di lintasan jalan raya itu dengan finish ketiga dengan margin 0,324 detik, setelah sebelumnya teman satu timnya, Lewis Hamilton menjadi yang tercepat di sesi latihan pertama.

Russell menang kurang dari 0,1 detik dari pembalap Red Bull Max Verstappen, yang tampil tercepat kedua di FP1 tapi menghabiskan sebagian besar waktu latihan petang di dalam garasi sebelum mencatatkan waktu terbaik keempat pada akhir FP2.

Baca juga:  Jangan Sampai Salah! Segini Biaya Resmi Perpanjang SIM

Verstappen yang baru saja genap 25 tahun mengantongi keunggulan 116 nilai atas Leclerc yang berada di peringkat dua klasemen dan 125 nilai dari teman satu timnya, Sergio Perez di klasemen umum.

 

GP Singapura menjadi peluang pertama bagi Verstappen buat mempertahankan gelar juara dunia dengan syarat sang pembalap Belanda membawa pulang 22 nilai lebih banyak dari yang diraih Leclerc di Marina Bay atau 13 nilai lebih banyak dari Perez.

Hamilton menyeselesaikan sesi latihan hari itu di posisi kelima, mengungguli Esteban Ocon (Alpine), Valtteri Bottas (Alfa Romeo), dan Fernando Alonso (Alpine).

Perez hanya bisa finish P9 di kendaraan roda empat Red Bull kedua, dan Lance Stroll melengkapi sepuluh besar buat Aston Martin.

Baca juga:  Statistik Grand Prix MotoGP Australia

Pembalap Thailand Alex Albon dinyatakan fit buat kembali membalap setelah menjalani operasi radang usus buntu dan mengalami komplikasi pernafasan pascaoperasi.

 

Sang pembalap Williams finish di posisi ke-16, setelah menyelesaikan 45 putaran di kedua sesi latihan di lintasan yang paling berat menguji fisik pembalap itu.

Pierre Gasly mendapati kendaraan roda empat AlphaTauri yang dia kendarai mengeluarkan api dari saluran udara, sedangkan teman satu timnya, Yuki Tsunoda finish P17 dan menyudahi latihan lebih dini karena mengalami kasus sistem bahan bakar.

GP Singapura kembali ke kalender Formula 1 buat pertama kalinya sejak 2019 dan absen dua tahun karena pandemi COVID-19.