by

Airlangga Dorong Usaha Modifikasi Mobil Perluas Pasar ke Luar Negeri

Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut industri otomotif menjadi salah satu penyumbang besar pertumbuhan ekonomi nasional. Bahkan, pesatnya pertumbuhan industri otomotif juga menjadi pendorong bagi berkembangnya usaha jasa modifikasi mobil di Indonesia.

Untuk itu, Airlangga menyebut saat ini pemerintah terus berupaya mendorong usaha modifikasi mobil termasuk industri aftermarket atau secondary market untuk semakin tumbuh dan berkembang.

“Saya mendengar cerita dari OLX bahwa selama pandemi, peningkatan penjualan mobil secondary market naik 8%. OLX Autos bisa menjual lebih dari 20 ribu selama 1 bulan. Ini luar biasa. Jadi, sudah terjadi perpindahan lifestyle dari pembelian langsung ke showroom ke pembelian secara digital. Mobilnya datang ke rumah dan transaksinya bisa dilaksanakan di rumah. Saya ucapkan selamat kepada anak muda yang bisa melihat tantangan menjadi peluang,” tutur Airlangga dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/10/2022).

Hal tersebut disampaikan saat mewakili Presiden Joko Widodo dalam acara OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2022 (IMX 2022) di Hall A Jakarta Convention Center, hari ini, yang diselenggarakan oleh National Modificator and Aftermarket Association (NMAA).

Baca juga:  Wuling Almaz Hybrid Muncul, Bakal Seperti Apa Spesifikasinya?

Di samping itu, Airlangga mengatakan saat ini pemerintah juga akan mendorong nilai tambah dari industri otomotif, termasuk usaha modifikasi kendaraan. Hal tersebut bertujuan agar para modifikator tidak hanya memiliki pasar di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

“Indonesia punya kekuatan craftsmanship. Modifikator Indonesia adalah tenaga ahli yang punya keahlian yang tidak otomatisasi. Ini adalah keterampilan tangan dan teknologi,” tegas Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga juga mengapresiasi Kementerian Perindustrian yang telah menyerahkan Buku Program Pelatihan Berbasis Kompetensi kepada Director OLX Autos IMX 2022. Menurutnya, program tersebut dapat mempermudah perizinan mobil modifikasi.

“Terima kasih Kementerian Perindustrian yang sudah membuat program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Program tersebut adalah program yang baik dan secara teknis dapat dipertanggungjawabkan. Tentunya dengan adanya program tersebut juga dapat memudahkan pemberian perizinan dari kepolisian untuk mobil modifikasi agar dapat berjalan,” tutup Airlangga.

Sebagai informasi, acara OLX Autos IMX 2022 yang mengusung tema ‘The Indonesia Kalcer’ merupakan puncak acara dari Road to OLX Autos IMX 2022. Acara ini sebelumnya telah digelar di beberapa kota di Indonesia. Expo yang diikuti oleh lebih dari 40 merek industri otomotif tersebut juga mendukung upaya transformasi digital yang tercermin dari pembelian tiket pre-sales yang hanya dapat dilakukan melalui bank digital yakni Bank Neo Commerce. Di samping itu, juga terdapat IMX Virtual Stage yang merupakan virtual booth acara expo tersebut.

Baca juga:  Pesan Marc Marquez buat Aleix Espargaro: Coba Lihat Aku di Australia 2013...

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga juga berkesempatan untuk berkeliling mengunjungi booth peserta expo. Sebanyak 50 mobil dengan modifikasi terbaik yang merupakan hasil dari kurasi 700 mobil modifikasi, dipamerkan dalam ajang yang juga merebutkan piala Ketua MPR tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat yang juga selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Menteri Perindustrian, Sekretaris Kemenko Perekonomian, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, jajaran OLX Autos, para Youtuber dan komunitas-komunitas pencinta mobil modifikasi.

Konversi Elpiji 3 Kg ke Kompor Listrik Tak Dilakukan Tahun Ini
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)