by

Perez pertahankan status juara GP Singapura setelah diganjar penalti

 

Jakarta (ArenaBalap) – Pembalap Meksiko Sergio Perez diganjar penalti lima detik karena melanggar prosedur periode safety car namun tetap mempertahankan status juara Grand Prix Singapura pada Ahad.Sang pembalap tim Red Bull finish tujuh detik di depan pembalap Ferrari Charles Leclerc di balapan sepanjang dua waktu yang sempat tertunda cuaca buruk itu.

Perez, sebagai pemimpin balapan, dianggap tidak berhasil menjaga posisinya dalam rentang 10 kendaraan roda empat dari safety car yang dikeluarkan menyusul insiden kendaraan roda empat Yuki Tsunoda yang menabrak pagar pembatas di lap ke-36, demikian laman resmi Formula 1.

Baca juga:  Marquez Juara MotoGP Aragon Setelah Bertarung Sengit dengan Dovizioso

Perez juga mendapat teguran karena melakukan pelanggaran serupa di periode safety car pertama, setelah tabrakan Zhou Guanyu dan Nicholas Latifi di lap ke-10.

 

Tim Red Bull menginstruksikan Perez buat membangun jarak lebih dari lima detik di pengujung kejuaraan menyusul peringatan akan penelusuran masalah steward tersebut.

Dengan Leclerc finish 7,595 detik di belakan Perez, maka sang pembalap Red Bull mempertahankan statusnya sebagai juara di Marina Bay, yang menjadi kemenangan keempat dalam kariernya di F1.

 

Lain halnya, tidak ada selebrasi bagi Max Verstappen setelah teman satu tim Perez itu finish P7 dan membuang peluang mengunci gelar juara dunia.

Baca juga:  Vandoorne gabung Aston Martin F1 sebagai pebalap cadangan musim depan

Verstappen perlu menyelesaikan GP Singapura dengan margin setidaknya 138 nilai dari rival terdekatnya agar mengunci gelar juara dunia lebih dini.

Akan tetapi hasil hari ini menempatkan sang pembalap Belanda dalam jarak 104 nilai dari Leclerc dan 106 nilai dari Perez pada klasemen dengan lima balapan tersisa.

Apabila Verstappen, yang memenangi 11 dari 17 balapan musim ini, dapat menjaga jaraknya sampai 112 nilai seusai GP Jepang pekan depan, maka dia berhak menjadi juara dunia lagi, mempertahankan gelar yang dia raih musim lalu.