by

Servis Toyota Avanza Veloz Tahun Kelima, Siapkan Biaya Segini

Jakarta

Semakin tua usia kendaraan, maka semakin besar biaya perawatannya. Sebab makin banyak komponen atau part yang harus diperiksa dan diganti. Contoh servis Toyota Avanza Veloz tahun kelima, bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 3,2 juta.

Servis tahun kelima Toyota Avanza Veloz merupakan servis berkala ke-10, waktu pemakaian 54 bulan, atau jarak tempuh telah mencapai 90.000 km. Ada sekitar 20 item yang diperiksa dalam servis berkala ini. Beberapa komponen yang diperiksa pun harus diganti demi menjaga performa kendaraan.

Dari komponen mesin, yang perlu diganti tentunya adalah oli mesin, saringan oli mesin, cairan pendingin mesin, penggantian filter udara, dan tentunya cek tegangan battery atau aki.

Baca juga:  Pilih Mana Aki GS Atau Aki Yuasa , Berikut Perbandingannya

Area sasis dan bodi juga diperiksa, meliputi pemeriksaan kampas dan tromol, pedal rem dan fungsi rem parkir, pemeriksaan minyak power steering, serta minyak kopling, dan masih banyak lainnya. Selain itu juga dilakukan spooring dan balancing pada ban. Ban sendiri belum perlu diganti karena pemakaian mobil ini cukup jarang, sehingga kembangan ban masih cukup bagus, dan masih layak digunakan di perkotaan.

Penggantian suku cadang yang dilakukan meliputi gasket, timah balance, super engine conditioner, penetran, filter oli, evaporator, oli optimizer, hingga oli mesin. Total biayanya adalah Rp 950.515.

Baca juga:  Modifikasi Moto Guzzi New V7 Stone, Usung Konsep Scrambler yang Agresif

Sementara untuk biaya jasanya mencapai Rp 2.279.385. Itu sudah termasuk biaya servis berkala 90.000 km, spooring, pembersihan tangki wiper, cooling system flush, dan biaya jasa beberapa pengerjaan lainnya.

Kalau ditotal, biaya servis berkala tahun kelima Toyota Avanza Veloz lansiran 2017 yakni mencapai Rp 3.237.900. Sebagai catatan, servis ini dilakukan di bengkel resmi Toyota.

Usai Mudik, Segera Cek 7 Bagian Mobil Ini
[Gambas:Video 20detik]
()