by

Verstappen cetak rekor 14 kemenangan semusim di GP Meksiko

Jakarta (ArenaBalap) – Max Verstappen dari tim Red Bull memenangi Grand Prix Meksiko pada Minggu untuk menciptakan rekor kemenangan ke-14 dalam satu musim di Formula 1.

Sang pebalap Belanda yang baru saja mengunci gelar juara dunia untuk kedua kalinya itu kini melampaui rekor sebelumnya, 13 kemenangan, yang dipegang oleh Michael Schumacher (2004) dan Sebastian Vettel (2013) setelah berjaya di Meksiko.

Verstappen mengawali balapan di Sirkuit Hermanos Rodriguez dari pole position dan finis 15 detik di depan Lewis Hamilton dari tim Mercedes.

Itu merupakan kemenangan keempat Verstappen di Meksiko, yang juga kesembilan kali secara beruntun musim ini bagi sang pebalap dan ke-16 dari 20 balapan bagi tim Red Bull, yang membungkus gelar konstruktor di Texas pekan lalu dengan tiga balapan tersisa.

Baca juga:  Menpora Berikan Bonus dan Berikan Tunjangan Hari Tua untuk Atlet

“Tahun yang luar biasa sejauh ini, kami pastinya menikmatinya dan kami akan mencoba untuk meraih lebih banyak kemenangan lagi,” kata Verstappen.

Pebalap tuan rumah Sergio Perez melengkapi podium untuk tim Red Bull, sedangkan George Russell harus kehilangan dua posisi pada awal lomba dan finis di peringkat empat, demikian laman resmi Formula 1.

: Leclerc mengeluh Ferrari kurang bertenaga pada kualifikasi GP Meksiko

Hamilton tak senang dengan strategi Mercedes yang memilih ban hard ketimbang medium untuk stint kedua pada balapan sepanjang 71 lap itu. Demikian pula Russell yang beberapa kali meminta pergantian ban yang lebih lunak.

“Saya sangat dekat pada stint pertama, tapi Red Bull terlalu cepat hari ini dan mungkin memiliki strategi yang lebih baik. Saya tidak yakin (ban hard) adalah ban yang tepat pada akhirnya,” kata Hamilton.

Baca juga:  Apri/Fadia Pasang Target Tinggi, Bidik Peringkat 15 Besar Ganda Putri Dunia

Sementara itu, Ferrari tampil melempem saat Carlos Sainz dan Charles Leclerc hanya finis P5 dan P6, di depan mobil McLaren Daniel Ricciardo, yang merangsek ke P7 menggunakan ban soft dan menjaga posisinya meski diganjar penalti 10 detik karena tabrakan dengan Yuki Tsunoda.

Esteban Ocon mengamankan P8 untuk tim Alpine setelah rekan satu timnya Fernando Alonso gagal finis karena masalah teknis.

Lando Norris (McLaren) dan Valtteri Bottas (Alfa Romeo) melengkapi sepuluh besar untuk membawa pulang poin tersisa.

Sirkus Formula 1 akan dilanjutkan ke Brazil pada 14 November sebelum seri penutup di Abu Dhabi satu pekan berselang.

: Tim rival memandang Red Bull harusnya dapat penalti lebih berat

COPYRIGHT © ArenaBalap 2022