by

Alvaro Bautista juara dunia World Superbike 2022 di Sirkuit Mandalika

Lampung Tengah (ArenaBalap) – Pebalap asal Spanyol Alvaro Bautista akhirnya dinobatkan sebagai juara dunia World Superbike 2022 meski finis P2 di belakang rivalnya Toprak Razgatlioglu pada balapan (Race) 2 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu

Pebalap Aruba.it Racing – Ducati itu gagal mengunci gelarnya di Race 1 setelah finis P2 dan kembali di belakang Toprak. Sementara itu, pebalap asal Turki tersebut berhasil menyelesaikan misinya yaitu memenangi tiga balapan di Sirkuit Mandalika yaitu Race 1, Superpole Race dan Race 2.

Balapan langsung berjalan menarik sejak awal. Toprak, yang berada di pole position, bisa mempertahankan posisinya, tetapi dia berhasil disalip oleh pebalap Kawasaki Jonathan Rea di lap 2.

: Toprak juara Superpole Race WSBK, Bautista finis peringkat empat

Bautista memulai balapan di P4 dan dia perlahan-lahan bisa menyalip Andrea Locatelli di lap 4 dan dua putaran kemudian dia bisa naik ke P2 usai melewati Rea.

Baca juga:  Jadwal Wakil Indonesia di India Open 2024: Merah Putih Terjunkan 12 Wakil!

Pebalap asal Spanyol itu kemudian mulai menekan Toprak di posisi terdepan, bahkan sempat menyalipnya di tikungan 1 pada lap 13.

Toprak, yang mempunyai misi pribadi di Mandalika, belum mau menyerah dan akhirnya bisa mengambil kembali P1 di 6 lap terakhir.

Hingga akhir balapan Toprak mampu mempertahankan kemenangan di Race 2 WSBK Mandalika 2022.

Bautista berhasil finis kedua dan memastikan gelar juara dunia WSBK 2022, dengan Jonathan Rea melengkapi podium setelah finis peringkat 3.

Bautista memastikan gelar juara dunia WSBK 2022 di Mandalika setelah keunggulan 68 poin. Toprak tidak mampu mengejar poin Bautista dengan satu seri tersisa di Philip Island, Australia.

Baca juga:  Kanada jadi tim asing pertama jajal Jakarta International Velodrome

Hasil ini membuat Bautista mengoleksi 553 poin di puncak klasemen WSBK 2022. Sementara Toprak berhasil menjuarai 3 balapan di Mandalika dan sekarang berada di posisi kedua dengan 485 poin.

: Mencoba “pit walk” di Motul WSBK Mandalika 2022

: Toprak Razgatlioglu menangi balapan ke-900 WSBK di Sirkuit Mandalika


​​​

Berikut 6 pebalap teratas Race 2 WSBK Mandalika 2022:

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

2. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing – Ducati)

3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

4. Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

5. Axel Bassani (Motocorsa Racing)

6. Scott Redding (BMW Motorrad WorldSBK Team)

 

Lap tercepat: Toprak Razgatlioglu (Yamaha) – 1’32.708

Hendri Sukma Indrawan
Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ArenaBalap 2022