by

Rifat Sungkar lakukan dobel persiapan jelang AXCR 2022 Thailand

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap Indonesia Rifat Sungkar melakukan dobel persiapan jelang menghadapi Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 dari Thailand menuju Kamboja, 21-26 November dengan jarak tempuh 1.700 km mengingat pelaksanaan lomba sudah dekat.

Selain kekuatan tim yang mempersiapkan Mitsubishi Triton untuk reli Paris Dakar mini versi Asia ini, Rifat Sungkar yang tergabung dengan tim Mitsubishi Ralliart ini juga mempersiapkan diri utamanya pada ketahanan fisik serta banyak melakukan komunikasi dengan terkait.

“Saya masih punya waktu, dari saat pertama kali ditunjuk ikut AXCR 2022 sampai sekarang, jelas salah satunya adalah persiapan fisik. Nomor dua, banyak komunikasi sama orang-orang yang pernah melakukan hal ini, karena buat saya its really important,” kata Rifat Sungkar dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Selasa.

Sharing informasi yang dilakukan oleh Rifat Sungkar dinilai menjadi kunci penting karena untuk melakoni balapan harus mengenal betul mengenai karakter lintasan yang bakal dijalani. Apalagi AXCR 2022 tidak hanya mengasah pebalap untuk beraksi di atas lintasan tanah, tetapi permukaan bebatuan serta tanah berlumpur.

Baca juga:  Mekanik Ini yang Membawa Fabio Quartararo Raih Juara MotoGP

Dengan informasi yang ia dapatkan dari beberapa rekan asal Indonesia yang telah mencicipi balapan ini sebelumnya, Rifat Sungkar menyimpulkan bahwa strategi yang diterapkan tidak bisa selamanya tampil menekan.

“Kita tidak bisa mengeluarkan jurus attack terus, karena nanti bakalan bisa berantakan. Faktor pendukung lainnya adalah, saya beruntung sekali punya navigator yang pengalaman, karena itu adalah kunci utama dari semuanya,” tambah Rifat Sungkar.

Pada AXCR 2022, Rifat Sungkar akan bekerja sama dengan co-driver asal Thailand, Chupong Chaiwan. Menurutnya, kehadiran pria yang akrab dipanggil Mr Pong ini akan menjadi keunggulan baginya lantaran co-driver yang dipasangkan dengannya adalah salah satu yang terbaik di Negeri Gajah Putih itu.

Baca juga:  Motor Listrik Lokal Buatan Anak Negri Siap Diekspor

“Dan saya sudah cari tau bahwa navigator saya itu one of the best di Thailand. Dan orang Indonesia yang sudah pernah ikut AXCR ini sudah kenal semua dengan Mr Pong ini, dan saya merasa percaya diri dengan itu,” kata juara nasional reli 2022 itu.

Kesiapan Rifat Sungkar untuk mengarungi balapan ini juga mendapat dukungan dari semua pihak meskipun ia sempat pesimis karena tidak memiliki jam terbang dalam kompetisi. Namun tim memberikan semangat karena menurut mereka kapabilitas mengemudi yang dimilikinya akan menjadi kunci untuk mengarungi AXCR 2022.

: Rifat Sungkar bersama Mitsubishi Ralliart unjuk kemampuan di AXCR 2022

: Bukan sekadar adu cepat, AXCR akan jadi pembuktian ketangguhan Triton


Bayu Kuncahyo
Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ArenaBalap 2022