by

Rifat Sungkar puji ketangguhan kendaraannya di AXCR 2022

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap Indonesia Rifat Sungkar memuji ketangguhan kendaraan yang digunakan dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand-Kamboja pada 21-26 November, yakni Mitsubishi Triton, yang membuat dia finis kelima meski mengalami kendala pada awal balapan.

“Hari pertama memang ada insiden pecah ban, menurut saya itu adalah sebuah ketidakberuntungan saja. Tapi secara keseluruhan, Mitsubishi Triton Ralliart yang saya pakai ini memang tangguh,” kata Rifat dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Rifat  yang berpasangan dengan co-driver Chupong Chaiwan memang berlaga cukup apik meski persiapan yang dilakukan tidak sepanjang pebalap lain. Hanya saja dia telah melakukan pemetaan rute atau medan yang akan dilalui sebagai “Dakar”-nya di Kawasan Asia ini.

“Hari kedua, ketiga, keempat dan kelima, saya mempelajari jalan di Thailand seperti apa, dan saya akhirnya mulai terbiasa. Kuncinya adalah saya percaya dengan co-driver, dengan medan yang saya tidak tahu seperti apa, maka rasa percaya saya ke dia tinggi banget,” kata dia.

Baca juga:  Ekstrom kalahkan Loeb untuk rebut kemenangan prolog Dakar 2023

Perjuangan yang dilakukan Rifat pun terbilang begitu berkesan. Tidak hanya mampu mengoptimalkan performa Mitsubishi Triton Ralliart, tetapi ia juga membuktikan jika dirinya sukses menerima tantangan pada ajang balap ekstrem ini.

: Mitsubishi ungkap rahasia di balik kemenangan AXCR 2022

Menggunakan kondisi kendaraan yang standar, Rifat mengakui bisa mengimbangi pereli terdepan. Bahkan dia bisa dua kali mengejarnya pada kilometer 12 dan 25. Hanya saja, ada insiden ban pecah, membuat catatan waktunya rugi waktu enam menit.

Pada AXCR 2022, tim Mitsubishi Triton Ralliart menurutkan dua pasang pebalap. Selain Rifat Sungkar dan Chupong Chaiwan, ada satu pasang lagi yakni Chayapon Yotha-Sakchai Hantrakul yang selanjutnya menjadi juara kejuaraan yang sebelumnya vakum karena COVID-19 itu.

Sementara President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, mengucapkan terima kasih kepada Mitsubishi Motors dan Team Mitsubishi Ralliart, yang telah memberikan kesempatan kepada Brand Ambassador dan Rally Driver, Rifat Sungkar, untuk berpartisipasi dalam reli internasional ini.

Baca juga:  Tekan balap liar, Kejuaraan Drag Bike Kota Malang kembali digelar - ANTARA News

“Kami mengakui bahwa AXCR adalah debut Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun, dan MMKSI sangat bangga dengan hasilnya. Rifat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Team Ralliart,” kata dia.

AXCR 2022 sajikan 6 Special Stage yang melintasi jalur negara Thailand dan Kamboja sepanjang 1.700 km dengan tantangan 6 Special Stage (SS). Ketangguhan Mitsubishi Triton dibuktikan dengan finis terdepan lewat Chayapon waktu 8 jam 22:42 detik. Sedangkan Rifat Sungkar finis kelima terpaut 17:14 detik.

: Rifat Sungkar lakukan dobel persiapan jelang AXCR 2022 Thailand

Bayu Kuncahyo

COPYRIGHT © ArenaBalap 2022