by

Enam sprint race ramaikan Formula 1 2023

Jakarta (ArenaBalap) – Formula 1 pada Rabu mengumumkan sebanyak enam balapan sprint akan meramaikan musim 2023, dua kali lebih banyak dari yang telah mereka gelar pada 2021 dan 2022.

Balapan sejauh 100km itu telah menjadi tontonan tambahan yang populer pada sepanjang akhir pekan Grand Prix sejak diperkenalkan pertama kalinya pada tahun lalu.

F1 pada September juga telah mengumumkan rencana mereka untuk menggelar dua kali lipat lebih banyak sprint untuk 2023.

Tahun depan, balapan yang menentukan posisi start untuk Grand Prix itu akan digelar di Baku (Azerbaijan), Red Bull Ring (Austria), Spa-Francorchamps (Belgia), Losail (Qatar), Circuit of the Americas (Amerika Serikat) dan Interlagos (Sao Paulo).

Baca juga:  Bernard Van Aert bertolak ke Prancis ikuti Kejuaraan Dunia Trek 2022

Interlagos meneruskan reputasinya setelah menjadi tuan rumah sprint untuk 2021 dan 2022.

: Hamilton jaga asa setelah lalui musim tanpa kemenangan

Pada akhir pekan dengan format sprint race, sesi kualifikasi selama satu jam dimajukan ke Jumat, untuk menentukan posisi start sprint pada Sabtu. Sedangkan posisi finis sprint race akan menentukan starting grid untuk balapan Grand Prix pada hari berikutnya.

Musim ini poin sprint race diperbanyak, yaitu delapan poin untuk pemenang, tujuh untuk runner-up dan seterusnya hingga satu poin untuk pebalap yang finis P8.

Di Grand Prix Emilia Romagna di Imola pada April, juara dunia dua kali Max Verstappen menyapu bersih poin maksimal pada akhir pekan itu, meraup 34 poin setelah memenangi sprint dan Grand Prix serta mencetak lap tercepat di balapan.

Baca juga:  Statistik Grand Prix Jepang di Suzuka

CEO F1 Stefano Domenicali menyambut gembira penambahan jumlah sprint race pada tahun depan.

“Kita telah melihat reaksi yang sangat positif terhadap ajang sprint F1 selama dua tahun pertama berjalan, dan kami tidak sabar lagi untuk membawa aksi lebih banyak kepada para penggemar dengan enam ajang tahun depan, termasuk sprint F1 pertama kami di Austin,” kata Domenicali.

: Sebastian Vettel pamitan dari Formula 1

: Mattia Binotto mundur sebagai kepala tim Ferrari

: Red Bull Racing diharapkan terus bersinar di Formula 1 musim 2023

Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ArenaBalap 2022