by

McLaren angkat Stella sebagai kepala tim, Seidl pindah ke Sauber

Jakarta (ArenaBalap) – McLaren mengangkat Andrea Stella sebagai kepala tim Formula 1 mereka untuk musim 2023, menggantikan Andreas Seidl yang pindah untuk memimpin tim Sauber.

Stella telah bersama McLaren sejak 2015, pertama kali bekerja sebagai kepala operasi balap sebelum dipromosikan sebagai direktur performa dan perannya saat ini sebagai direktur balapan.

Sedangkan Seidl akan menjadi CEO Sauber Group, menggantikan Fred Vasseur yang diboyong Ferrari sebagai kepala tim pabrikan Italia itu menyusul mundurnya Mattia Binotto.

Sebelum bekerja untuk McLaren, Stella pernah bertugas di Ferrari selama 15 tahun, sebagai performance engineer untuk Michael Schumacher dan Kimi Raikkonen dan kemudian sebagai race engineer untuk Raikkonen dan Fernando Alonso.

Baca juga:  Lorenzo Sesumbar, Merasa Motor Ducati Cocok dengan Sirkuit Austria

“Andrea adalah anggota yang sangat bertalenta, berpengalaman dan dipandang dari tim kami dengan rekam jejak kepemimpinan dan kesuksesan di Formula 1,” kata CEO McLaren Racing Zak Brown dalam laman resmi McLaren, Selasa.

: Vasseur resmi gantikan Binotto sebagai kepala tim Ferrari mulai 2023

Stella akan mendapat tugas yang cukup berat untuk mengembalikan McLaren ke papan atas.

“Kami realistis tentang besarnya tugas di depan kami untuk kembali ke grid depan, tapi saya sangat senang dan bersemangat bahwa saya dalam perjalanan ini bersama tim yang penuh talenta, pengalaman, semangat membalap dan dedikasi,” kata Stella.

Baca juga:  Marc Marquez Bakal Comeback di Tes MotoGP Sepang Malaysia

Stella akan memimpin duet pebalap McLaren Lando Norris dan tandem barunya, Oscar Piastri pada musim depan.

McLaren tahun ini finis peringkat lima konstruktor di bawah Red Bull, Ferrari, Mercedes dan Alpine.

: Mattia Binotto mundur sebagai kepala tim Ferrari

: Enam sprint race ramaikan Formula 1 2023

Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ArenaBalap 2022