by

Beveren menangi etape 5 Dakar, Sanders terkendala navigasi

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap Prancis Adrien van Beveren memenangi etape lima kategori sepeda motor Reli Dakar 2023 ketika Daniel Sanders kehilangan posisi pimpinan klasemen setelah mengalami kendala navigasi mengitari Ha’il, Arab Saudi, Kamis.

Sanders bukan satu-satunya pebalap yang tersesat hari itu. Juara etape empat Joan Barreda juga kehilangan arah di atas sepeda motornya.

Sanders mengakhiri hari ini dengan melorot ke peringkat delapan klasemen, berjarak 13 menit 18 detik dari penghuni baru puncak yaitu Skyler Howes dari Amerika Serikat.

Sedangkan van Beveren tak melakukan kesalahan serupa dan memenangi special stage sejauh 373km itu, satu hari setelah ia merayakan ulang tahun ke-32.

Jose Ignacio Cornejo membuat tim Monster Energy Honda finis 1-2 setelah terpaut 13 detik dari Beveren.

“Ini etape yang berat. Navigasinya cukup sulit, tapi banyak way point terbuka,” kata Beveren.

Baca juga:  Keren, MotoGP Bakal Gelar Kelas Motor Listrik

“Saya frustasi, karena saya mencoba untuk mematuhi segalanya dan saya melihat treknya memotong dan kembali ke sejumlah way point dan pada suatu titik mereka menjadi sangat buruk.

“Saya mempertahankan laju saya meski tidak ada jejak. Jadi saya membuka jalan ke way point dan mereka melihat saya dan mengikutinya.

“Pada bagian kedua etape, mereka bersama saya sejak awal, tapi saya mendorong sekuat tenaga dan finis sendirian di depan.”

: Sanders rebut puncak klasemen setelah menangi etape 3 Dakar 2023

Finis ketiga hari ini, Mason Klein asal Amerika Serikat menghindari membuat kesalahan dan menyelesaikan etape lima dengan margin lima menit di belakang Beveren untuk menjaga posisinya di klasemen umum.

“Etape ini berjalan sangat baik bagi saya,” kata pebalap tim KTM itu.

“Start cukup jauh di belakang membuat navigasi nyaris tidak diperlukan. Meski demikian, saya sangat lelah dan punggung saya sangat sakit. Barisan gunung pasir itu tiada akhir.

Baca juga:  Hasil FP2 MotoGP Mandalika: Fabio Quartararo Tercepat, Marquez Crash

“Ketika saya melihat garis finis, saya sangat senang, karena saya tahu saya tinggal 130km lagi.”

Akan tetapi, jelang finis Klein mendapati masalah bahan bakar yang membuatnya kehilangan sepuluh menit untuk memeriksa kendaraannya dan memastikan tidak ada air dalam tangki bahan bakarnya.

Klein kini berjarak 10 menit 24 detik dari Howes, yang mendapati crosser Argentina Kevin Benavides menempel di peringkat kedua dengan jarak dua menit 32 detik.

Etape enam pada Jumat (6/1) akan melintasi rute sepanjang 877,69km dari Ha’il ke Al Duwadimi dengan special stage sejauh 467km.

: Al-Attiyah perlebar jarak dengan kemenangan etape 5 Reli Dakar 2023

Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023