by

Al-Attiyah juarai Reli Dakar untuk kelima kalinya

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap Qatar Nasser Al-Attiyah pada Minggu meraih titel juara Reli Dakar untuk kelima kalinya setelah ajang balap ketahanan itu merampungkan etape terakhirnya di Dammam, Arab Saudi.

Pebalap 52 tahun dari tim Toyota itu mempertahankan gelar juaranya setelah memenangi tiga etape pada Dakar edisi kali ini dan mengantongi keunggulan satu jam 20 menit dari pebalap Prancis Sebastien Loeb dari tim BRX, yang juga finis runner-up pada tahun lalu di belakang Al-Attiyah, demikian laman resmi Dakar.

Al-Attiyah mengambil alih pimpinan klasemen kategori mobil setelah etape ketiga, dan membangun jarak yang cukup jauh dari rival-rivalnya pada pekan pertama.

Kemudian setelah jeda, sang pebalap yang juga atlet menembak Olimpiade itu menjalankan strategi bermain aman pada pekan kedua untuk mempertahankan keunggulannya di klasemen.

Loeb, juara dunia reli sembilan kali, berusaha mati-matian untuk merebut titel pertamanya di Dakar dan mampu membuat rekor dengan enam kemenangan etape beruntun pada paruh kedua.

Baca juga:  Espargaro tunjukkan potensi Honda di Phillip Island

: Loeb cetak rekor menang enam etape beruntun, Al-Attiyah menuju juara

Namun pebalap 48 tahun asal Prancis itu sudah kehilangan waktu cukup banyak pada bagian pertama reli.

Dua rival utama Al-Attiyah dan Loeb yaitu Carlos Sainz dan Stephane Peterhansel gagal menyelesaikan balapan karena mengalami kecelakaan.

Al-Attiyah finis kedelapan pada etape 14 dari Al-Hofuf ke Dammam, kehilangan waktu hanya lima menit 41 detik dari rekan satu tim Loeb, Guerlain Chicherit yang mencatatkan waktu tercepat pada special stage sejauh 136km hari ini.

“Kami baru saja finis dan saya sangat senang,” kata Al-Attiyah, yang juga juara pada 2011, 2015, 2019 dan 2022 itu.

: Loeb menang lagi, Al-Attiyah belum terkejar pada etape 11 Dakar

Baca juga:  Howes kembali rebut puncak klasemen Dakar, Price menempel ketat

“Ini adalah Dakar yang sulit bagi semua orang. Mempertahankan titel saya ini sungguh gila. Saya sangat senang bisa menang lima kali.”

Juga mengendarai Toyota, Lucas Moraes dari tim Overdrive berhak atas perunggu.

Giniel De Villiers dan Henk Lategan finis lima besar di saat empat mobil Toyota mendominasi papan atas klasemen.

Sementara itu, titel kategori sepeda motor jatuh ke tangan Kevin Benavides yang menyalip rekan satu timnya di KTM, Toby Price setelah mengubah defisit 12 detik menjadi keunggulan 43 detik di klasemen akhir.

Skyler Howes asal Amerika Serikat membawa pulang perunggu untuk tim Husqvarna.

: Benavides juarai Reli Dakar untuk kedua kalinya

: Howes kembali rebut puncak klasemen Dakar, Price menempel ketat

Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023