by

Le Mans jadi tuan rumah Grand Prix ke-1000

Jakarta (ArenaBalap) – Sirkuit legendaris Circuit de la Sarthe di Le Mans, Prancis, akan menjadi tuan rumah untuk SHARK Grand Prix de France 2023, atau perhelatan Grand Prix ke-1000.

Menurut MotoGP dalam laman resminya, Le Mans dianggap menjadi tempat yang cocok untuk penggemar olahraga motor. Le Mans sebelumnya menjadi tempat bagi 110 ribu penggemar yang memadati tribun pada hari balapan MotoGP pada tahun 2022.

Le Mans telah menjadi tuan rumah untuk 35 Grand Prix dan pertama kali digunakan pada tahun 1969. Grand Prix ke-1000 akan menjadi tonggak sejarah lain untuk diingat di tempat tersebut.

Baca juga:  Veda Ega Pratama menangkan Race 2 IATC 2022 di Sirkuit Mandalika

Selain itu, acara itu juga akan menandai perhelatan ke-30 yang diprakarsai oleh promotor lokal PHA Claude Michy.

: Rekor Le Mans pecah lagi saat Bagnaia rebut pole Grand Prix Prancis

Grand Prix pertama sendiri berlangsung pada bulan Juni 1949. Sejak itu, MotoGP telah tumbuh menjadi kompetisi yang benar-benar global, dengan kalender berisikan 21 balapan yang mencakup para pembalap dari berbagai belahan dunia pada tahun 2023.

Selama lebih dari 70 tahun sejarah MotoGP, terdapat setidaknya 125 Juara Dunia yang berbeda telah dinobatkan di kelas tunggal, mewakili total 20 negara yang berbeda.

Baca juga:  Mau Perpanjang STNK Tahunan Sendiri, Ribet Nggak Sih?

Olahraga ini telah dipertandingkan di 29 negara, dan 73 tempat telah menyelenggarakan balapan kelas utama.

: Bastianini pecahkan rekor di Le Mans saat FP2 Grand Prix Prancis

Arnidhya Nur Zhafira
Teguh Handoko
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023