by

Ferrari konfirmasi pebalap cadangan dan pengembangan F1 2023

Jakarta (ArenaBalap) – Ferrari telah menunjuk empat pebalap cadangan dan pengembangan Formula 1 untuk tahun ini dan dikutip dari laman resmi F1, Jumat, tim tersebut akan mendukung pebalap utama mereka, yakni Charles Leclerc dan Carlos Sainz selama musim 2023.

Mantan pebalap F1 Antonio Giovinazzi dan runner-up F2 2021 Robert Shwartzman – yang keduanya telah melakukan beberapa uji coba F1 dengan Ferrari – akan berbagi peran sebagai pebalap cadangan, sambil memanfaatkan simulator baru yang diluncurkan pada 2021.

Giovinazzi memiliki 62 start Formula 1. Ia awalnya membuat dua penampilan pengganti untuk Sauber pada awal 2017 sebelum menyelesaikan musim 2019, 2020 dan 2021 bersama Kimi Raikkonen di Alfa Romeo.

Baca juga:  Quartararo fit untuk balapan lagi, Yamaha janjikan "top speed" M1 2023

Sementara, Shwartzman berhasil finis di posisi kedua setelah pebalap McLaren F1 Oscar Piastri di Formula 2 lebih dari setahun yang lalu. Ia juga membuat penampilan FP1 untuk Ferrari di Amerika Serikat dan Abu Dhabi menjelang akhir musim F1 2022.

: Vasseur resmi gantikan Binotto sebagai kepala tim Ferrari mulai 2023

: Ferrari Schumacher terjual lebih dari 13 juta dolar di Sotheby’s

Bersama mereka, pemenang balapan GP3 dan F2 Antonio Fuoco dan bintang GT Davide Rigon akan bertindak sebagai pebalap pengembangan (development driver).

Ferrari mengatakan pasangan tersebut “telah membuktikan kemampuan mereka dalam hal memberikan umpan balik yang tepat dan andal kepada para insinyur” melalui tugas simulator mereka.

Baca juga:  Ricciardo kemungkinan jadi pebalap cadangan Red Bull atau Mercedes

Keempat pebalap Ferrari itu akan mengikuti program balap pada 2023 bersamaan dengan peran F1 mereka, dengan Giovinazzi dan Fuoco baru-baru ini dipastikan akan mengikuti World Endurance Championship in the 499P Hypercar.

Sementara itu, Shwartzman dan Rigon akan membalap dengan 296 GT3 baru; Shwartzman di SRO GT World Challenge Europe, dan Rigon di seri SRO serta WEC dan IMSA Endurance Cup.

: Formula 1 akan selenggarakan 23 balapan pada 2023

: Andretti dapat dukungan Cadillac untuk ikuti Formula 1

Arnidhya Nur Zhafira
Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023