by

Pietro Fittipaldi masih jadi pembalap cadangan Haas di F1 2023

Jakarta (ArenaBalap) – Haas F1 Team telah mengonfirmasi Pietro Fittipaldi masih akan memegang peran sebagai reserve driver atau pembalap cadangan resmi tim untuk musim 2023.

Berdasarkan laporan dari situs resmi F1, Selasa, cucu dari juara dunia Emerson Fittipaldi itu akan tetap bersama tim Amerika tersebut untuk musim kelima secara berturut-turut.

Pietro menguji mobil F1 VF-18 dan VF-19, dan melakukan debut Grand Prix untuk dua putaran terakhir musim 2020 saat Romain Grosjean mengalami cedera.

Pembalap kelahiran Miami itu juga menguji VF-22 tahun lalu di Bahrain, serta mengikuti sesi latihan di Mexico City dan Abu Dhabi.

Tahun ini, Pietro akan mengendarai mesin LMP2 di IMSA SportsCar Championship dan World Endurance Championship.

Baca juga:  Hasil Liga Inggris Leicester City vs Chelsea: The Blues Habisi Pasukan Rubah

“Saya telah mengatakan sebelumnya bahwa kontinuitas dan konsistensi adalah kunci kesuksesan di Formula 1. Fakta bahwa Pietro tetap bersama tim untuk tahun 2023 membuat saya percaya kami memiliki fondasi yang kuat,” kata Kepala Tim Haas Guenther Steiner.

“Musim lalu, ia mengambil bagian dalam tes pramusim, dua sesi latihan bebas dan tes pascamusim di VF-22 dan secara mengejutkan ia mengatakan mobil ini cocok dengan gaya agresifnya. Ia adalah aset bagi tim kami, jadi saya berharap untuk melihat kelanjutannya bersama kami musim ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Pietro menambahkan, dirinya sangat senang bisa melanjutkan dengan Tim F1 MoneyGram Haas, tim yang ia anggap sebagai keluarga.

“Ini akan menjadi musim kelima saya di Formula 1 sebagai Official Reserve & Test Driver untuk Haas dan saya sangat bersemangat untuk memasuki tahun 2023 setelah musim yang sangat kompetitif,” kata Pietro.

Baca juga:  Victor Steeman meninggal dunia setelah kecelakaan WSSP 300 di Portugal

Adapun peran utama reserve driver adalah sebagai pembalap pengganti apabila salah satu dari dua pembalap utama tim tidak dapat bertanding atau melanjutkan balapan. Mereka juga bertugas mempelajari sirkuit, mobil, dan hal teknis lainnya.

Di sisi lain, Haas sendiri telah membawa Nico Hulkenberg bersama Kevin Magnussen sebagai pembalap mereka untuk tahun 2023.

: Nico Hulkenberg “comeback” ke F1 gantikan Mick Schumacher di Haas

: Magnussen kira pintu F1 telah tertutup sebelum dibuka lagi oleh Haas

Arnidhya Nur Zhafira
Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023