by

Audi bersiap masuk ke Formula 1 lewat Sauber

Jakarta (ArenaBalap) – Pabrikan otomotif asal Jerman Audi bersiap untuk masuk ke Formula 1 lewat Sauber Motosport AG, menyusul akuisisi saham minoritas di perusahaan asal Swiss tersebut.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, Selasa, persiapan tersebut berlanjut untuk entri Formula 1 Audi yang direncanakan pada tahun 2026.

Audi awalnya mengonfirmasi di Grand Prix Belgia tahun lalu bahwa mereka akan bergabung dengan F1 seiring dengan adanya regulasi mesin baru. Regulasi itu termasuk peningkatan tenaga listrik dan bahan bakar berkelanjutan 100 persen, yang akan diperkenalkan dalam waktu tiga tahun.

Grup Sauber sebelumnya pada Senin (30/1) mengatakan mereka dengan senang hati mengumumkan bahwa Audi mengakuisisi saham minoritas di perusahaan pada Januari 2023. Langkah ini sesuai dengan rencana yang diuraikan pabrikan pada Oktober tahun lalu,

“Ini adalah tonggak penting dalam perjalanan masuknya Audi di Formula 1, yang dijadwalkan pada 2026, di mana Grup Sauber akan menjadi mitra strategis merek Jerman tersebut,” kata perusahaan.

Sauber akan terus bersaing dengan merek Alfa Romeo pada tahun 2023, sebelum kolaborasi mereka berakhir, mengingat pembalap Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu yang berupaya membangun finis P6 tahun lalu di klasemen konstruktor (constructors’ standings).

: McLaren angkat Stella sebagai kepala tim, Seidl pindah ke Sauber

: Alfa Romeo akan berpisah dengan Sauber pada akhir 2023

: Alfa Romeo perpanjang kemitraan dengan Sauber hingga 2023

Arnidhya Nur Zhafira
Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023