by

Sirkuit Mandalika siap jadi tuan rumah WSBK hingga MotoGP 2023

Jakarta (ArenaBalap) – Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria memastikan pihaknya siap menjadi tuan rumah sejumlah kompetisi balapan internasional pada tahun ini.

“Kami dari segi teknis dan operasional sudah menyelenggarakan kegiatan mingguan seperti track day, dan lainnya. Para pihak terkait termasuk marshal sudah terlatih untuk melakukan dan menjaga tugas mereka di setiap event,” kata Priandhi saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, ia mengatakan staf termasuk marshal — petugas yang membantu di area lintasan ketika terjadi insiden dalam balapan — sudah terlatih menjalankan tugas mereka di bawah pelatihan hingga arahan berbagai pemangku kepentingan terkait, termasuk Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Soal sirkuitnya sendiri, Priandhi mengatakan manajemen selalu melakukan pemeliharaan rutin. Hingga saat ini, masih belum ada rencana atau urgensi untuk melakukan penyegaran maupun renovasi sirkuit.

Baca juga:  Eksperimen Berhasil, Quartararo Ketagihan Utak-atik Settingan Motor Yamaha

“Kalau sirkuit, tidak ada hal apa pun kecuali maintenance rutin. Namun, saat ini yang kita lakukan adalah pengecatan (ulang) di garis start yang sudah pudar karena faktor cuaca. Sirkuit tidak ada perbaikan, dan tenaga kerja kami juga baik dan siap,” ujar dia.

: Mandalika Racing Series bakal digelar di sela WSBK 2023

: MGPA usul modifikasi Sirkuit Mandalika kepada FIA bagi lisensi Grade 2

Adapun penyelenggaraan berbagai kejuaraan balap motor bergengsi di Mandalika masih belum lepas dari status pandemi COVID-19.

Saat disinggung mengenai hal tersebut serta potensi pembatasan penonton, Priandhi mengatakan akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan (depkes) setempat.

“Kita menerapkan prokes sesuai arahan depkes. Jadi, kalau kita bicara target (penonton), kita targetkan di WSBK ini di atas 50 sampai 60 ribu, dan angka itu masih di bawah kapasitas. Tapi sejauh ini masih tidak ada pembatasan,” kata dia.

Baca juga:  Disaingi 2 Rookie Muda Berbakat, Rossi: Saya Justru Senang

Sementara itu, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah dari putaran kedua Kejuaraan Dunia Superbike (FIM Superbike World Championship / WSBK) 2023. Di sela kompetisi tersebut juga akan ada supporting race Mandalika Racing Series perdana.

Setelah itu, akan disusul dengan ronde keempat Asia Road Racing Championship (ARRC) di bulan Agustus, serta seri MotoGP pada Oktober 2023.

: MGPA beri diskon besar untuk nonton WSBK di Mandalika

: Sirkuit Mandalika tuan rumah seri keempat ARRC 2023

Arnidhya Nur Zhafira
Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023