by

Williams siap melaju di F1 2023 dengan FW45

Jakarta (ArenaBalap) – Tim Williams Racing pada Senin resmi memamerkan mobil balap baru mereka yang dinamai FW45 dengan livery yang lebih segar untuk mengarungi ajang Formula 1 musim 2023.

“Saat Williams Racing melanjutkan transformasinya, kami dengan bangga memperkenalkan livery tahun ini. Kami sangat senang dengan mobil tahun ini, dan saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada seluruh tim di Grove atas kerja keras mereka untuk bersiap menghadapi musim ini,” kata Ketua Dewan Williams Racing Matthew Savage dalam peluncurannya di Inggris, Senin.

FW45 yang menjadi tunggangan Alex Albon dan Logan Sargeant musim ini masih mengusung warna kombinasi biru, serupa dengan tahun lalu, namun dihiasi logo ikonis dalam dunia balap mobil setelah Williams mengumumkan kemitraan dengan perusahaan minyak Gulf sebagai sponsor baru.

“Saya menantikan untuk melihat apa yang bisa dilakukan FW45. Kami juga menyambut mitra baru ke dalam tim tahun ini, jadi sangat menyenangkan untuk mengajak mereka bergabung,” kata Albon.

Baca juga:  Kesibukan jelang balapan WSBK Mandalika 2022

: Musim 2023, Red Bull andalkan RB19 dan Verstappen-Perez

Di sisi lain, Sargeant, pebalap rookie asal Amerika Serikat, mengungkapkan rasa semangatnya untuk melesat dari trek Formula 2 ke Fomula 1 bersama Williams.

“Saya sangat termotivasi dan kami telah bekerja keras. Mobil ini terlihat luar biasa dan ini menunjukkan upaya besar yang telah dilakukan tim. Saya tak sabar untuk menuju Bahrain,” ujarnya.

Williams memasuki tahun 2023 dengan James Vowles yang pindah dari perannya sebagai Direktur Strategi Motorsport di Mercedes. Ia menggantikan Jost Capito dan Direktur Teknis FX Demaison selama musim dingin.

Vowles akan mulai bekerja di markas Williams di Grove pada 20 Februari, tiga hari sebelum para pebalap memulai tes pramusim 2023 di Sirkuit Internasional Bahrain.

Baca juga:  PT. Jakpro Pastikan Formula E Tetap Berjalan Meski PMD Dipotong

: Ford ungkap alasan kembali ke Formula 1 bersama Red Bull Racing

FW45 diklaim telah dikembangkan dengan konsep sidepod secara besar-besaran, mengoptimalkan tata letak pendinginan unit daya, serta akan lebih efisien secara aerodinamis daripada FW44.

Ini karena FW45 telah dimodifikasi pada tata letak suspensi depan dan permukaan aerodinamis eksternal utama yang juga dimasukkan ke dalam desain mesin baru.

Sementara itu, FW45 akan dicoba terlebih dahulu oleh kedua pebalap pada sesi shakedown di Silverstone pada 13 Februari di bawah pengawasan juara dunia 2009 Jenson Button, sebelum tim berangkat ke Bahrain untuk tes pramusim pada 23-25 ​​Februari.

: Audi bersiap masuk ke Formula 1 lewat Sauber

Arnidhya Nur Zhafira

COPYRIGHT © ArenaBalap 2023