by

Tanak dan Ford pimpin kemenangan di Reli Swedia 2023

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap Estonia Ott Tänak yang tampil mengendarai Ford Puma Rally 1 Hybrid mengamankan kemenangan penting untuk tim M-Sport Ford di Reli Swedia yang menjadi bagian dari ajang Kejuaraan Reli Dunia (WRC) 2023.

Dikutip dari laman resmi WRC, Selasa, Tänak mencetak kemenangan dengan catatan waktu 18,7 detik lebih cepat dibanding pebalap Hyundai i20 N Craig Breen.

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan kedua Tänak di Swedia. Di balapan itu, Tanak dibantu co-driver Martin Järveoja.

Pebalap tersebut memiliki sejarah panjang dengan Ford. Ia pernah menjadi pebalap untuk M-Sport antara 2011 dan 2017.

Baca juga:  Lorenzo Puji Stoner, Rossi Bungkam?

Sebelum bergabung kembali dengan M-Sport Ford pada awal musim ini, Tänak sempat menghabiskan beberapa musim bersama Toyota dan Hyundai.

Sementara itu, kemenangan di Swedia sekaligus menandai kemenangan pertama tim sejak Rallye Monte-Carlo tahun lalu.

“Ini jelas sangat berarti bagi saya, tampil dengan mobil baru dan memberikannya (kemenangan) kepada orang-orang ini (di M-Sport). Ini adalah upaya besar bagi mereka untuk melawan pabrikan besar,” kata Tänak.

“Saya yakin mereka mendapat sedikit tekanan dari saya tetapi selama itu berhasil maka kita semua menang. Senang rasanya menjadi bagian dari tim ini,” imbuhnya.

Baca juga:  Wow, Anak Supir Truk Dapat Kuliah Gratis dari Honda

Reli Swedia berlangsung menegangkan. Di tengah salju, para pebalap berlomba untuk menjadi yang terdepan dengan strategi mereka masing-masing. Tänak mengungguli para rivalnya dengan serangan malam hari di hari terakhir.

Sementara itu, WRC akan berlanjut ke Amerika bulan depan yaitu Guanajuato Rally México yang berlangsung dari 16-19 Maret.

Arnidhya Nur Zhafira
Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023