by

Oscar Piastri ungkap tantangan beradaptasi di panggung F1

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap baru McLaren Oscar Piastri mengungkapkan perjalanan dan tantangannya selama berkarier mulai dari ajang F3, F2, dan kini memulai musim pertamanya di ajang F1.

Juara F3 dan F2 itu menilai, berbagai mobil berbeda yang pernah kendarai selama karier motorsport juniornya akan membantunya beradaptasi di balik kemudi McLaren MCL60.

“Saya pikir selama karier junior saya, saya harus berganti mobil setiap tahun – saya tidak pernah mengendarai mobil yang sama selama lebih dari setahun. Saya pikir adaptasi adalah kekuatan besar yang kita butuhkan di kategori junior, dan saya pikir itu menonjol di kategori saya,” kata Piastri, dikutip dari laman resmi F1, Selasa.

Baca juga:  Portugal Cemas, Diogo Jota Terancam Absen di Piala Dunia 2022

: McLaren MCL60 bawa kesegaran di F1 2023

Ia mengaku tidak terlalu mengkhawatirkan adaptasi bersama tim balap barunya, mengingat ia sudah melakukan pengujian untuk mobil 2021 dan tes pasca musim tahun lalu bersama McLaren.

“Tapi saya pikir sebagai pebalap, kita selalu perlu beradaptasi; akan selalu ada hal-hal tertentu yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan kita. Kita selalu menginginkan lebih banyak cengkeraman dan lebih banyak kekuatan. Saya pikir selalu ada beberapa batasan, hanya saja bagaimana kita bisa melewatinya,” ujar pebalap berusia 21 tahun itu.

“Saya pikir datang ke F1 dari balapan mana pun, akan selalu ada periode adaptasi. Mobilnya akan jauh lebih cepat, orang yang saya lawan adalah pembalap terbaik di dunia, dan itu akan selalu menjadi tantangan,” imbuhnya.

Baca juga:  Kalah dari Zhang Zhilei, Joe Joyce: Itu Kesalahanku dan Tim Sudut

Sementara itu, Piastri dan pebalap McLaren lainnya, Lando Norris, akan menjajal MCL60 yang baru diluncurkan untuk pertama kalinya selama pengujian pramusim di Sirkuit Internasional Bahrain mulai 23-25 Februari.

: Alonso dan Stroll siap hadapi F1 2023 dengan Aston Martin AMR23

: Nyck de Vries bersiap masuki musim rookie F1 dengan AlphaTauri

Arnidhya Nur Zhafira
Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023