by

Demi Keselamatan Pembalap, Musim Depan Kokpit Mobil F1 Pakai Pelindung

RB12 milik Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) menggunakan Aeroscreen. – Motorsport

Demi keamanan para pengemudi jet darat, penyelenggara Formula 1 (F1) setiap tahun dituntut untuk terus meningkatkan keamanan seluruh pembalap. Kali ini, petinggi balapan “jet darat” paling bergengsi di dunia itu sedang membahas tentang pelindung kokpit.

Dalam pembahasan tersebut membahas antara menggunakan perangkat “Halo” atau “Aeroscreen” yang sedang diuji oleh tim Red Bull.

Seperti kami kutip dari situs Motorsport, Senin (6/6/2016) Race Director Charlie Whiting, mengatakan, “Halo” nampaknya lebih masuk akan ketimbang Aeroscreen. Sebab, lebih aman dan tidak akan membuat para pembalap cidera.

Sampai saat ini, keputusan belum dibuat,karena para petinggi F1 masih merumuskan dan direncanakan akan diumumkan pada 1 Juli 2016.

Perangkat Halo itu sendiri merupakan desain pelindung kokpit yang tertutup sebagian. Fungsinya melindungi kepada pembalap dari puing yang terbang. Alat ini pertama kali diperkenalkan oleh tim Ferrari.

Lain halnya dengan Aeroscreen yang lebih menyerupai kaca tempatnya tepat di depan mata pembalap. Saat ini, tim Red Bull masih terus intensif untuk mengujinya.

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed