by

Ini Dia Tips Memilih dan Membeli Velg Bekas

Velg Bekas
Ilustrasi Velg Bekas – IST

Merubah / modifikasi sepeda motor adalah salah satu hobi dan keinginan para bikers, karena dengan memodifikasi maka bikers bisa mengekplorasi motor sesuai dengan keinginannya.

Kalau Anda salah satu bikers yang suka modifikasi motor, salah satu bagian yang harus diganti bagian bagian velg. Kalau Anda memiliki biaya lebih tentu Anda akan memilih menggunakan velg custom atau membeli velg baru, namun bagi bikers yang memiliki kocek pas-pasan, tentu akan memilih menggunakan velg bekas/ rongsokan.

Di Indonesia mencari velg bekas yang sesuai dengan kebutuhan modifikasi sangatlah mudah, karena banyak toko-toko variasi motor atau toko yang menjual velg bekas. Namun Anda harus cermat dalam membeli velg bekas terutama buat velg model racing.

Ada beberapa panduan tips sebelum Anda memutuskan membeli velg bekas. H. Mochamad Rois, owner dari JBB Pres Saharjo, menyarankan harus teliti dalam membeli velg bekas.

Baca juga:  Tips Merawat Helm Supaya Tidak Cepat Bau Apek

“Sebelum memutuskan buat membayar velg bekas, sebaiknya teliti dahulu kualitas velg yang akan dibeli,” ungkap pria yang akrab disapa Ji Rois.

Yuk disimak saran dari Ji Rois dalam mebeli velg bekas berikut ini:.

1. Periksa bagian bibir velg, kalau bibir velg ada yang pecah atau retak sebaiknya pilih velg lain. Kalau hanya sekadar peyang masih bisa digunakan, namun sebelum digunakan lebih bagus dipres terlebih dahulu supaya tetap presisi.

2.Cek bagian velg apakah ada rongsokan bubut atau tidak, kalau ada rongsokan bubut, velg tersebut pernah bengkok parah, buat memastikannya, Anda bisa lihat dari warna aluminium pada velg, kalau warnanya berbeda dengan warna velg di sekitarnya berarti velg tersebut sudah pernah dibubut.

Baca juga:  Tips Cara Tambal Ban Dalam Kendaraan yang Benar

3.Cek bagian bearing velg, biasanya penjual velg rongsokan melepas rumah bearing bertujuan supaya tidak terlihat kondisi bearingnya. Beranikan diri buat meminta kepada penjual agar melengkapi rumah bearing, kalau rumah bearing dipasang lalu oblak maka velg tidak sempurna lagi kalau digunakan akan terasa goyang.

4.Jangan terkecoh dengan cat pada velg, biasanya penjual menutupi bagian velg yang sedikit retak dengan cat. Buat mengetahui velg sudah dicat lagi apa belum sangat mudah, perhatikan angka atau tulisan yang ada pada palang velg, kalau tulisan atau angkat kelihatan tidak jelas, berarti velg tersebut sudah dicat ulang dan ada bagian yang tidak bagus.

Comment

Leave a Reply