by

Nilai Biaya Jadi Sponsor Valentino Rossi dan Marquez di MotoGP

Jadi ajang balap motor paling bergengsi di dunia, tim-tim MotoGP memasang tarif tinggi untuk perusahaan yang ingin memasang nama dan logo mereka di motor atau baju para pembalap.

Satu tim balap yang turun di ajang MotoGP bisa mendapatkan beberapa sponsor sekaligus. Selain sponsor utama yang bisa menempel menjadi nama tim, ada sponsor-sponsor lain yang bisa bisa dilihat pada baju balap atau motor.

Ukurannya berbeda-beda. Ada yang bisa terbaca degan jelas, sementara yang lain berukuran sangat kecil dan baru bisa terlihat.

Sebagai sebuah olahraga yang mendunia, tentu pencantuman logo tersebut memiliki nilai jual yang tidak kecil. Berapa banyak uang harus dikeluarkan sponsor buat bisa menyematkan merek usahanya di motor dan pakaian para pembalap?

Baca juga:  Beda10 Pоіn dari P4 Klаѕеmеn, Marquez Tancap Gas Di Musim 2022

Sebuah agensi bernama RTR Sponsor Marketing menciptakan mesin hitung bernama MotoGP Sponsorship Calculator buat mengkalkulasi acuan nilai yang harus dibayarkan oleh sponsor buat bisa terpampang di tim MotoGP.

Perhitungan tersebut didasarkan pada beberapa parameter, misalnya ukuran dan posisi logo akan terpasang, prestasi yang diraih oleh pembalap, dan durasi yang diinginkan.

Hasilnya, diketahui kalau harga yang ditawarkan buat memasang satu logo sponsor berukuran paling kecil pada baju dan motor pembalap di kelas Moto3 ialah 32 ribu euro (Rp 494 juta) buat satu musim.

Lain halnya buat kelas MotoGP, harga yang ditawarkan melonjak drastis. Menggunakan parameter yang serupa dengan sebelumnya, diketahui kalau harga buat memasang satu logo berukuran paling kecil di motor Valentino Rossi dkk ialah 160 ribu euro (Rp 2,5 miliar) selama semusim balapan.

Baca juga:  ​Marquez Pastikan Gelar MotoGP Musim ini Miliknya

Bagi yang ingin menampilkan logo mereka dalam ukuran besar, maka diperlukan dana sebesar Rp 1,16 miliar buat kelas Moto3, Rp 2,4 miliar di ajang Moto2, serta Rp 9,1 miliar pada balapan utama MotoGP.

Angka-angka fantastis itu menunjukkan kalau balapan MotoGP didukung oleh gelontoran dana yang sangat besar bagi para pembalap. Nilai tersebut semakin membengkak seiring dengan prestasi yang diraih oleh para riders.