by

Jangan Pake Oli Bekas, Ini 4 Cara Merawat Rantai Sepeda Motor Supaya Awet

Cara Merawat Rantai Sepeda Motor -Rantai atau biasa disebut Rante merupakan  suatu komponen yang sangat penting pada sepeda motor. Alat ini berfungsi untuk melanjutkan daya dari hasil kinerja mesin ke roda atau Ban Motor akhir sehingga menghasilkan energi gerak.

Seiring berjalannya waktu, kekuatan dari gear motor ini tentu saja akan menurun . Apalagi jika motor sering dipakai sehari-hari tentu saja gear motor akan mengalami penurunan pencapaian yang cukup cepat. Buat  itu kita perlu melakukan perawatan terhadap rante motor yang kita miliki secara rutin.

Berikut ini cara merawat rantai  sepeda motor supaya tetap nyaman saat di  kendarai :

1. Rajin Membersihkan Rante Motor

Rante motor harus kita bersihkan dengan waktu minimal sebulan sekali menggunakan air dan juga sabun untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel pada rante motor tersebut. Sesusadah kita  bersihkan sebaiknya kita lumasi kembali rante tersebut  supaya  tidak rusak dan tetap kuat.

Membersihkan gear motor harus rutin dilakukan sebab selain ban, komponen ini juga termasuk bagian yang paling gampang kotor pada motor. Hal ini terjadi karena gear motor sendiri sering terkena debu, air hujan dan juga pasir bahkan terkadang lumpur juga menempel pada gear motor.

Baca juga:  Bukti Rossi Masih Kandidat Juara MotoGP 2017

2. Gunakan Pelumas Pada  Rantai Motor

Cara merawat rantai motor yang kedua ialah dengan menggunakan pelumas buat merawat gear motor. Menggunakan pelumas untuk  rantai motor juga bisa membuat kondisi rante menjadi tetap basah. Cara ini memang dipercaya sangat efektif dan juga tidak membutuhkan banyak waktu kalau dilakukan, hanya dengan menyemprotkan atau mengoleskan  langsung ke permukaan rantai  motor.

3. Ganti Rante Motor Secara Berkala

Cara yang ke tiga  untuk merawat rantai motor yaitu dengan mengganti rante secara berkala. Cara untuk mengetahui apakah rante sudah mengalami rusak  , biasanya rante tersebut  berbunyi kasar, kadang juga berbunyi ciricit ..ciricit…..kaya suara tikus.

BACA JUGA Tunggu Keputusan Valentino Rossi, Petronas Yamaha Cemas

Tak hanya dari suara , kita juga bisa melihat rante yang sudah rusak dengan cara melihat fisiknya,  contohnya yaitu rantai motor biasanya lebih mudah lepas dan biasnya sih bisa dipasang kembali tapi cuma  sebentar dan pasti akan  lepas lagi.

Baca juga:  Buntuti Marquez, Jonas Folger Hampir Juara di MotoGP Jerman 2017

Nah jika kita mengalami hal itu, maka sebaiknya segera ganti rante  sepeda motor kita dengan yang baru dan lebih dianjurkan ganti satu set gear dengan rantai agar nyaman digunakan.

4. Jangan  Menggunakan Oli Rongsokan Buat Rante  Motor

Memang Tak Di Pungkiri, kita sering memakai oli rongsokan buat melumasi rantai motor .  Tetapi jangan kaget,  bahwa Hal ini merupakan prilaku yang salah, tapi sering kali masih dilakukan banyak orang.

Oli rongsokan yang dipakai pada rantai motor justru  dapat menyebakan kerusakan sehingga bisa membuat rantai motor menjadi tidak awet. Hal ini karena pada oli rongsokan sendiri terdapat berbagai macam kotoran yang ada pada mesin jadi sangat tidak dianjurkan menggunakan oli rongsokan buat pelumas rantai dan gear motor.

Itulah Tips 4 Cara Merawat Rantai Sepeda Motor Supaya Awet, semoga bisa bermanfaat. sampai jumpa di tips-tips lainnya.

News Feed