by

Dominan di Yamaha, Bos KTM Sejajarkan Quartararo dengan Marc Marquez

Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, menyejajarkan pencapaian Fabio Quartararo di Yamaha musim ini dengan pencapaian Marc Marquez di Honda. Quartararo yang tampil dominan di MotoGP 2021 bisa menjadi penyelamat muka Yamaha, di tengah tidak kompetitifnya para pembalap Yamaha lainnya.
Pembalap Monster Energy Yamaha, Quartararo semakin dekat dengan gelar juara dunia. Pembalap asal Prancis itu kini mengoleksi 254 nilai, unggul 52 nilai dari Francesco Bagnaia yang punya 202 nilai. Dengan balapan menyisakan tiga seri lagi, peluang Quartararo menjuarai MotoGP 2021 sangat besar.

Pencapaian ciamik Quartararo turut menarik perhatian bos KTM, Pit Beirer. Menurut Beirer, pengaruh Quartararo di Yamaha sudah seperti pengaruh Marquez di tim Honda, yang sudah menjadi tulang punggung selama bertahun-tahun.

Baca juga:  Bagnaia "banyak belajar" sebelum rebut pimpinan klasemen di Australia

“Di kejuaraan dunia MotoGP satu hal kecil bisa membuat perbedaan besar. Tentu saja, pembalap bukanlah hal kecil. Tetapi Yamaha mempunyai pembalap yang luar biasa di Quartararo, dan dia (sering) menang. (Quartararo) sama dengan Marc Márquez selama bertahun-tahun di Honda. Tanpa kedua pembalap ini, segalanya tidak akan berjalan bagus buat pabrikan ini,” ucap Beirer, dilansir dari Motosan.

Tak hanya bisa membawa Yamaha berpeluang menjuarai MotoGP 2021, Quartararo juga masih memiliki peluang membawa Yamaha menyabet triple crown, yaitu juara dari kategori pembalap, tim, dan konstruktor atau pabrikan.

Baca juga:  Sirkuit Mandalika raih homologasi peringkat B dari Dorna dan FIM

Kalau melihat klasemen konstruktor saat ini Yamaha memang sementara kalah bersaing dari Ducati. Pabrikan Italia, dengan deretan pembalap terbaiknya itu mengungguli Yamaha sementara, dengan total 291 nilai, berkat 5 kemenangan dan 18 podium.

  • Meski begitu, Yamaha masih bisa berpeluang juara konstruktor karena jarak poinnya cukup tipis. Buat sementara, Yamaha mengoleksi 282 nilai, dengan modal kemenangan 6 kali dan 13 kali naik podium.